Petugas Temukan 50 Kilogram Bahan Baku Petasan

Tim Jibom dan Labfor Brimob, Polda Jatim temukan bahan petasan
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Petugas temukan 50 kilogram bahan baku petasan saat melalukan penyisiran di lokasi ledakan rumah yang membuat korban mengalami luka hingga 80 persen di Dusun Karangmloko, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Kamis 22 Juni 2023. 

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsudin mengatakan dalam penyisiran yang dilakukan oleh Tim Jibom dan Labfor Brimob, Polda Jatim mengumpulkan sekitar 50 kilogram bahan baku pembuat petasan.

"Bahan itu meliputi 3 kardus semacam kembang api dengan ukuran panjang 1 meter hingga 70 senti. Lalu ada juga alat-alat pendukung antara lain mixer, alat campur, alat bor, timbangan," katanya.

Catat! Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Asia U23 2024

Temuan itu nanti, bakal didalami oleh petugas apa saja kandungan zat yang ditemukan. Sementara petugas juga menyimpulkan pelaku menyewa rumah tersebut untuk pembuatan home industri kembang api. Terkait untuk bahan-bahan ini didapat dari mana, Polisi masih melakukan pendalaman.

"Kalau dugaan timbulnya ledakan yaitu saat proses pengolahan ada hal yang tidak sesuai, misal secara kimiawi dan akhirnya terjadi ledakan," katanya.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Lalu, Pemeriksa Handak Labfor Polda Jatim, AKP Cahyo Widianto mengaku belum bisa menjelaskan dengan rinci bahan-bahan yang ditemukan. 

"Terutama bahan pembuatan kembang api, berbagai macam serbuk kimia, yang bisa kita jelaskan tadi ada serbuk mesiu terbuat dari campuran potasium klorat dan belerang. Bubuk itu salah satu pemicu ledakan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title