Ada Wacana Stadion Brantas Bakal Dijadikan Area Parkir Terpusat

Stadion Gelora Brantas yang sekarang dibuat untuk relokasi pedagang.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu mengusulkan pemanfaatan Stadion Brantas menjadi area parkir terpusat. Hal itu dilakukan untuk menutupi lemahnya perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi parkir tepi jalan selama ini.

Lolos Dari Ancaman Turun Kasta Manajemen Arema FC Puji Kerja Keras Pemain

Kepala Dishub Kota Batu, Imam Suryono mengatakan jika itu merupakan salah satu usulan atau ide gagasan. 

"Agar retribusi parkir tepi jalan bisa maksimal ada banyak usulan dari kami (Dishub). Salah satunya pemanfaatan stadion jadi area parkir terpusat bila sudah tak dipakai untuk relokasi pedagang," katanya, Senin 19 Juni 2023. 

Tunjang Sport Tourism, Pemkot Batu Pastikan Pembangunan Track BMX pada Awal 2025

Nanti Stadion Brantas bisa dipindah ke jalur lintas barat (Jalibar) yang ada di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu. 

"Misalnya kalau terealisasi nanti stadion dibongkar, lalu dipindah ke Jalibar. Dengan begitu area parkir seluruhnya bisa terpusat di bekas Stadion Gelora Brantas," tuturnya.

Sinyal Koalisi Menguat, Ketua Gerindra Kabupaten Pasuruan Mendaftar Bacabup Ke PDIP

Dengan area cukup luas parkir nanti tidak hanya diperuntukkan bagi bus wisatawan tapi truk-truk yang biasa berhenti dan parkir di Jalan Ir Soekarno, Desa Junrejo.

"Bila terealisasi dishub akan memberdayakan sopir angkutan dan sebagainya sebagai shuttle yang bisa mengantar wisatawan ke destinasi wisata yang ada di Kota Batu. Sebab di Kota Batu banyak dijumpai angkutan umum dan odong-odong," ujarnya.