Gubernur Khofifah Klaim Angka Kebakaran Hutan dan Lahan di Jatim Terus Turun

Khofifah cek kesiapan petugas dalam simulasi pemadaman.
Sumber :
  • Humas Pemprov Jatim

Pasuruan – Jadi pemimpin Apel Siaga Gabungan Pengadilan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Lapangan Kaliandra, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa klaim angka karhutla semakin menurun setiap tahunnya, Rabu, 7 Juni 2023. 

Terminal Arjosari Malang Catatkan Peningkatan Penumpang 14 Persen

"Dalam jangka waktu 4 tahun terakhir kebakaran hutan di Jawa Timur menunjukkan tren penurunan," kata Khofifah.

Berdasarkan data laporan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, pada tahun 2019 seluas 7.550,09 hektare atau 0,55 persen terbakar dari luas kawasan hutan di Jawa Timur. Tahun 2020 menurun menjadi seluas 940,14 hektare atau 0,07 persen. Dan di tahun 2021 kembali turun menjadi seluas 466,95 hektare atau 0,034 persen dan tahun 2022 seluas 390,50 hektare atau 0,028 persen saja. 

Perkuat Langkah Bantu UMKM, Mebiso Kolaborasi dengan SMESCO Indonesia

"Kita ingin penurunan ini terus berlanjut. Sehingga butuh komitmen bersama untuk menjaga hutan dan lahan kita. Termasuk di dalamnya bagaimana pengendalian kebakaran hutan dan lahan di area terdekat yang bisa kita lakukan," ujarnya.

Namun, meski dalam empat tahun terakhir terjadi tren penurunan Karhutla. Khofifah tetap khawatir akan dampak Karhutla yang terjadi bisa berdampak merusak atau memunahkan ekosistem keanekaragaman hayati hutan.

3 Tempat yang Disidak Mamin Pj Bupati, Ternyata Sudah Dihubungi Dinas Ketahanan Pangan Jombang

"Jangan pernah menganggap ringan, misalnya banjir, longsor, kekeringan dan menurunnya kesuburan lahan. Sampai sekarang, tentu tidak bisa dihitung dan tidak bisa disetarakan dengan kerugian ekonominya. Dan pada umumnya bencana Karhutla menimbulkan bencana kabut asap yang berdampak pada pendidikan, sosial, ekonomi bahkan transportasi,” tuturnya. 

Atas dasar data tersebut, Khofifah menekankan kepada jajarannya, lintas stakeholder dan pemerintah kabupaten atau kota sampai pedesaan, untuk melakukan pengkonsolidasian kekuatan dan berkolaborasi terkait langkah antisipasi dan mitigasi karhutla.

Halaman Selanjutnya
img_title