Soal Kebakaran, Pedagang Anggap Kondisi Gedung Malang Plaza Tidak Layak

Kebakaran di Malang Plaza
Sumber :
  • Viva Malang

MalangKetua Paguyuban Pedagang Malang Plaza Fathul Aziz menyesalkan langkah manajemen dalam merenovasi gedung sebelum kebakaran hebat terjadi pada 2 Mei 2023 lalu. Mereka bahkan menganggap bahwa bangunan tidak layak. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Salah satunya adalah atap lantai 3. Fathul mencontohkan, saat hujan turun atap lantai 3 sering mengalami kebocoran. Namun tidak kunjung dibenahi hanya diberi ember untuk menada air yang bocor. 

"Harusnya, diganti atapnya atau seperti apa, tetapi ternyata (pihak manajemen) malah ambil ember. Yang jelas, di lantai tiga kondisinya agak parah," kata Fathul, Jumat, 19 Mei 2023. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Fathul menyebut, bahwa jelas secara fisik gedung Malang Plaza sudah tidak layak. Gedung ini katanya perlu renovasi dan penataan ulang yang bagus. Sayang, kini Gedung Malang Plaza sudah terbakar dan barang dagangan milik mereka ludes dilalap si jago merah. 

"Secara fisik, Malang Plaza yang merupakan tempat kami mencari rejeki bisa dikatakan sudah tua. Dan banyak kabel-kabel itu sudah semrawut," ujar Fathul. 

Opini : Pilkada Kota Batu dan Harapan Pariwisata Berkelanjutan

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto menuturkan, bahwa polisi tetap melakukan penyidikan meski hasil tim Labfor sudah keluar. Bahkan mereka akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Malang dalam mengkaji kelayakan gedung. 

"Bangunan fisik itu bisa bertahan 25 hingga 30 tahun. Tapi instrumen yang ada, seperti listrik, air dan lain belum tentu dilakukan maintanance. Nah pihak Malang Plaza kapan melakukan pengecekan itu, kami akan kaji," tutur perwira yang akrab disapa Buher ini.