Pasca Kebakaran, Pedagang Malang Plaza Pilih Sarinah Sebagai Tempat Relokasi

Paguyuban Pedagang Malang Plaza
Sumber :
  • Viva Malang

MalangKebakaran Gedung Malang Plaza pada 2 Mei 2023 lalu membuat seisi gedung ludes dilalap si jago merah. Akibatnya, ratusan pedagang merugi karena barang dagangan mereka habis. Disisi lain mereka juga tidak bisa lagi berjualan karena kondisi gedung rusak akibat kebakaran.

Wujudkan Emansipasi Wanita, Ada Penampakan Baru pada Pelayanan SIM Satlantas Polres Jombang

Ketua Paguyuban Pedagang Malang Plaza, Fathul Aziz mengatakan dari 3 tempat relokasi yang ditawarkan Pemerintah Kota Malang yakni, Sarinah, Restauran 52 dan Malang Creative Center. Pedagang memilih Gedung Sarinah di Jalan Basuki Rahmat, Kota Malang. Mereka berencana berjualan kembali bulan depan di tempat ini.

"Pertama kami akan mulai menata stan-stan di lantai dua ini. Insya Allah dalam satu bulan ke depan kami sudah masuk untuk berjualan kembali di Sarinah," kata Fathul, Kamis, 18 Mei 2023.

Polres Malang Bongkar Praktik Industri Rumahan Sabu di Jatim

Fathul mengatakan data sementara yang masuk ke paguyuban sebanyak 85 pedagang bersedia kembali berjualan di Sarinah. Apalagi berdagang merupakan pekerjaan utama mereka. Mayoritas didominasi penjual elektronik atau handphone. 

"Kami setelah melakukan pertemuan dengan perwakilan dari konter-konter handphone, memutuskan sepakat untuk berjualan di Sarinah,” ujar Fathul. 

Rekayasa Lalin di Sawojajar Dilakukan 5 Hari, Efek Pipa PDAM dan Jalan Ambles

Fathul menuturkan ada sejumlah pertimbangan yang akhirnya membuat mereka segera memutuskan Sarinah. Pertama pedagang sudah 2 pekan lebih tidak berjualan. Kedua lokasi Gedung Sarinah yang berada di jantung Kota Malang dianggap representatif apalagi jaraknya cukup dekat dengan Malang Plaza. 

“Sarinah kami pilih karena lokasinya yang strategis. Apalagi dekat dengan lokasi sebelumnya (Malang Plaza) jadi memudahkan para pelanggan,” tutur Fathul. 

Halaman Selanjutnya
img_title