Pemilik Tenan Kebakaran di Malang Plaza Pertanyakan Kepastian Hukum Tanah dan Bangunan

Pemilik Tenan bertemu manajemen Malang Plaza di Balai Kota Malang
Sumber :
  • Istimewa

Malang – Para pemilik tenan di Malang Plaza yang mengalami kebakaran hebat pada Selasa, 2 Mei 2023 lalu akhirnya bertemu dengan manajemen di Balai Kota Malang, Senin, 8 Mei 2023. Mereka ingin kasus kebakaran di Malang Plaza ditangani dengan benar. 

Polres Malang Bongkar Praktik Industri Rumahan Sabu di Jatim

Kuasa hukum dari beberapa pemilik tenant, Gunadi Handoko mengaku ingin mempertanyakan kepastian hukum status tanah dan bangunan yang ditempati untuk berdagang. Sebab, ada 15 pedagang di Malang Plaza yang ternyata memiliki status tanah dan bangunan atas namanya sendiri sejak gedung belum didirikan hingga sudah operasional. 

Namun aspek hukum kepemilikan dari bangunan dan tanah itu hingga kini belum jelas. Untuk itu saat bertemu dengan manajemen dia langsung menanyakan kepastian hukum dari bangunan dan tanah. 

Rekayasa Lalin di Sawojajar Dilakukan 5 Hari, Efek Pipa PDAM dan Jalan Ambles

"Khusus persoalan klien kami tenan ini kan merupakan pemilik tanah dan bangunan. Kepastiannya gimana tentunya secara hukum," kata Gunadi, Senin, 8 Mei 2023. 

Gunadi menuturkan, bahwa belasan tenan yang dia advokasi melakukan transaksi jual beli tanah dalam kurun waktu yang berbeda yakni sejak 1980 hingga 1986-an. Buktinya mereka mengantongi akta jual beli dan nota pembelian dari notaris.

Lebaran Usai, Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG di Malang Raya Aman

"Klien kami ini adalah pembeli tanah dan bangunan jadi tidak hanya sekadar stand dan bangunan saja. Akta jual beli dan nota dari notaris sudah ada," ujar Gunadi. 

Gunadi mengungkapkan, sebenarnya 15 pemilik tenan ini aelama 30 tahun menantikan kepastian hukum dari pengelola Malang Plaza. Selama ini manajemen, hanya berjanji akan mengakomodir hak dari pemilik tenant di Malang Plaza. Untuk itu, mereka dalam waktu dekat akan mengundang manajemen untuk membahas persoalan ini.

Halaman Selanjutnya
img_title