Jalur Penyelamatan Di Klemuk Efektif Selamatkan Nyawa Wisatawan di Kota Batu

Jalur penyelamatan di Klemuk
Sumber :
  • Istimewa

Malang – Jalur Klemuk yang menghubungkan Pujon, Kabupaten Malang dengan Songgoriti, Kota Batu memiliki medan yang ekstrem. Jalur Klemuk berada di area perbukitan yang curam dengan tingkat kemiringan hampir 60 derajat

Dukung Persiapan Arus Mudik Lebaran, Polisi dan TNI di Jombang Sidak SPBU

Masyarakat sekitar berinisiatif membuat jalur penyelamatan. Mereka membangun secara swadaya untuk menekan angka kecelakaan. Hasilnya, cukup efektif karena puluhan kendaraan para pemudik mampu diselamatkan dari kecelakaan fatal akibat medan yang curam. 

Tim relawan siaga Klemuk, Gandhi Kusumo mengungkapkan jalur ini mereka buat pada Maret 2023 lalu secara kolektif dengan warga sekitar. Saben hari belasan kendaraan roda dua dan roda empat mampu mereka selamatkan dengan jalur penyelamatan ini. Rata-rata kendaraan yang melintas mengalami rem blong.

Usai Dipecundangi Persebaya, Widodo : Kecewa Secukupnya Tatap Laga Selanjutnya

"Rata-rata memang yang kecelakaan plat luar kota, mereka tidak tahu medan jalan sebenarnya sehingga tidak siap. Tapi setelah ada tim relawan yang berjaga dan mengarahkan jalur, alhamdulillah selamat. Tidak sampai ada korban jiwa,'' kata Gandhi, Sabtu, 29 April 2023. 

Jalur Klemuk adalah jalur alternatif yang menghubungkan Kota Batu dan Kabupaten Malang. Dua daerah ini memiliki banyak wisata di kawasan barat. Sehingga saben musim liburan seperti lebaran Idul Fitri selalu dipadati kendaraan wisatawan

Motivasi dari Widodo C Putro untuk Pemain Arema FC Usai Tumbang Dari Persebaya

Pada Senin, 24 April 2023 lalu, jalur penyelamatan mampu menghidarkan sebuah minibus Toyota Avanza yang membawa rombongan dari Kediri karena mengalami rem blong. Pengemudi mobil sempat panik sebelum akhirnya membanting setirnya mengarah ke jalur penyelamat.

Secara otomatis laju kendaraan akan tertahan kolam pasir dengan kedalaman sekitar 30 sentimeter hingga 1 meter dengan kontur sedikit menanjak. Selain itu pada akhirnya masih ada tumpukan ban dan karung isi sebagai batas pengaman kendaraan. 

Halaman Selanjutnya
img_title