Kota Malang Bakal Bikin TPU Modern Tanpa Kijing di Merjosari

Ilustrasi TPU di Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

MalangKepala UPT Pengelolaan Pemakaman Umum Kota Malang, Subaedi mengungkapkan rencana pembuatan Tempat Pemakaman Umum modern tanpa kijing. Lokasinya ada di kawasan Kelurahan Merjosari, Kota Malang. 

Diduga Belum Kantongi Izin, Toko Modern di Jombang Nekat Buka

Subaedi mengungkapkan jika pihaknya telah mengantongi izin dari 5 Rukun Warga atau RW di Kelurahan Merjosari. Rencana ini tinggal menunggu lampu hijau dari Wali Kota Malang Sutiaji untuk segera dieksekusi pengerjaannya. 

“Sudah diizinkan warga. Sekarang tinggal menunggu Pemkot (Wali Kota) untuk mengeksekusinya,” kata Subaedi, Selasa, 4 Maret 2023.

Satreskrim Polres Batu Bongkar Perjudian Sabung Ayam di Giripurno

Rencana pembangunan TPU modern terinspirasi dari TPU Keputih yang ada di Surabaya. Tujuannya agar TPU terlihat rapi tidak seperti TPU di Kota Malang pada umumnya. Selain itu, jika ditata rapi lebih memudahkan para peziarah sekaligus dianggap menghemat lahan. 

"Kami memang terinspirasi dari TPU Keputih tanpa kinjing. Jadi pemakaman itu rapi. Itu kan jadi enak dilihatnya. Kalau bisa nanti seperti ini semua dan lahannya bisa banyak untuk pemakaman," ujar Subaedi.

Cabor BMX Kota Batu Terancam Gagal Jadi Tuan Rumah Porprov 2025

Untuk menghindari kesan seram. Mereka akan membangun taman dan hutan kota di TPU ini. Sehingga selain terlihat rapi, TPU juga akan asri dan indah karena dibuat menyerupai taman dan hutan kota. 

"Kami memang konsepnya demikian. Kami akan integrasikan taman dan hutan kota di TPU itu," tutur Subaedi.