Puncak Musim Hujan di Malang Raya, Warga Diimbau Waspada bencana Hidrometeorologi

Ilustrasi - Awan mendung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww/pri.

Malang – Wilayah Malang Raya dilanda hujan dengan intesitas tinggi dalam satu bulan terkahir. Penyebabnya wilayah Jawa Timur termasuk Malang Raya sedang berada dalam puncak musim hujan. Warga pun diimbau waspada ancaman bencana hidrometeorologi.

5 Ribu Lebih Pelanggan Gunakan Kereta Api dari Stasiun Malang pada Momen Lebaran 2024

Catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso selama periode 1 hingga 10 Februari 2023 dan periode 11 hingga 20 Februari 2023. Curah hujan di wilayah Malang Raya mencapai 300 milimeter per 10 hari. Catatan ini termasuk tinggi. 

"20 hari terakhir memang terlihat di wilayah Malang Raya curah hujan dalam periode itu tinggi dan sangat tinggi,” kata prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Karangploso, Ahmad Lutfi pada, Jumat 24 Februari 2023.

Macet 1 KM, Skema Contra Flow Diterapkan di Jalur Arteri Bandarkedungmulyo Jombang

Lutfi mencontohkan pada periode 1 hingga 10 Februari 2023 curah hujan dengan intensitas 300 milimeter melanda Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Kemudiam pada 11 hingga 20 Februari 2023 itu ada curah hujan tinggi di daerah selatan seperti Sumbermanjing, Ampelgading, Tirtoyudo hingga Dampit. 

"Warga diimbau untuk waspada terhadap adanya bencana hidrometeorologi," ujar Lutfi. 

Lebaran 2024 Trafik di Ruas Tol Jomo Menurun hingga 40 Persen