Wali Kota Malang Siapkan Kompensasi Untuk Angkot atas Kebijakan Satu Arah

Demo sopir angkot tolak satu arah di Kayutangan Heritage
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Wali Kota Malang, Sutiaji berjanji akan memberikan kompensasi bagi sopir angkutan kota (angkot) atas dampak kebijakan satu arah di Kayutangan Heritage. Ada sejumlah skema agar sopir angkot tidak lagi bergejolak. 

1 Orang Tewas Dalam Insiden Laka Kantas Pemotor dan Truk Gandeng di Jombang

Ratusan sopir lintas jalur sebelumnya menggelar aksi demonstrasi besar-besaran di Kota Malang. Mereka mendatangi Balai Kota Malang untuk bertemu dengan Wali Kota. Tuntutan mereka adalah menolak jalur satu arah. 

Sutiaji mengatakan, bahwa Pemkot Malang menyiapkan skema contraflow atau lawan arah khusus angkot. Hal ini pun sudah disampaikan saat pertemuan dengan para sopir angkot. Usulan dari Pemkot Malang pun diterima para sopir. 

Faktor Paling Diwaspadai Arema FC saat Berjumpa PSM

"Saya sudah berembuk hari ini untuk rapat forum lalu lintas. Mulai besok kami meminta ada contraflow tetap, khusus untuk 8 jalur (angkot). Tapi dengan catatan jangan berkendara terlalu kencang untuk cari penumpang," kata Sutiaji, Senin, 20 Februari 2023. 

Sutiaji menuturkan bahwa contraflow khusus angkot di Kayutangan Heritage akan diberlakukan mulai Selasa, 21 Februari 2023 besok. Dinas Perhubungan Kota Malang diminta langsung memasang sejumlah rambu-rambu agar tidak membingungkan sopir angkot dan pengguna jalan lainnya.

Kemendagri Tunjuk Pj Wali Kota Batu jadi Komandan Upacara Hari Otoda di Surabaya

"Hari ini kita lakukan analisis, lalu pada malam hari kita pasang rambu-rambu lalu lintas. Tujuannya agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas. Di media sosial akan kami keluarkan semua sosialisasi agar masyarakat tahu semua. Saya akan perintahkan Dinas Kominfo agar memberikan sosialisasi pada masyarakat," ujar Sutiaji. 

Selain kebijakan contraflow. Pemkot Malang juga menyiapkan subsidi bantuan langsung tunai untuk BBM para sopir angkot. Rencananya, setiap sopir angkot akan mendapatkan subsidi Rp600 ribu untuk dua bulan yaitu pada Maret 2023 dan April 2023. Anggaran yang mereka siapkan sebanyak Rp5 miliar hingga Rp6 miliar. 

Halaman Selanjutnya
img_title