Capaian Vaksin Lansia Kota Malang Belum 70 Persen

Vaksinasi lansia kota malang
Sumber :
  • Istimewa

Malang – Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, hingga 5 Oktober 2022, capaian vaksin kelompok lanjut usia (lansia) belum mencapai target 70 persen.

Terlibat Kecelakaan saat Berangkat Kerja, Wanita di Jombang Tewas di Jalan

Untuk dosis pertama vaksinasi lansia masih mencapai 69,84 persen (58.048 orang), dosis kedua berada di angka 66,02 persen (54.872 orang), dan untuk vaksin ketiga berada di angka 36,73 persen (30.527 orang).

Padahal, kelompok masyarakat lansia ini, sejak awal telah diprioritaskan untuk mendapat vaksin Covid-19.

Erick Thohir Ungkap 'Preman' Indonesia U23 Siap Tempur di Piala Asia U23 2024

Bukan tanpa alasan, masyarakat yang sudah berusia senja, di atas 60 tahun, lebih rentan terhadap paparan Covid-19 terlebih bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta.

Kondisi fisik yang mulai melemah membuat lansia lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk Covid-19.

Walah Ada Tumpukan Sampah di Kota Batu yang Sengaja Dikubur

Dilansir dari laman resmi Unit Pelayanan Kesehatan (UPK) Kemenkes RI, ada empat manfaat vaksinasi Covid-19, yakni merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penularan, mengurangi dampak berat dari virus, dan mencapai herd immunity.

Namun sayangnya, masih ada kelompok masyarakat yang masih enggan untuk divaksin, termasuk kelompok lansia yang capaiannya terbilang masih rendah dibandingkan dengan capaian vaksinasi pada kelompok umur lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title