Mahasiswa UM Bikin Sabun Antiseptik Ramah Lingkungan Dari Sisa Sayur dan Kulit Buah

Mahasiswa UM bikin sabun antiseptik ramah lingkungan
Sumber :
  • Dok tim EcoPure Soap.

Malang, VIVA – 5 Mahasiswa Universitas Negeri Malang berinovasi membuat sabun antiseptik ramah lingkungan dari sisa sayur dan kulit buah bernama EcoPure Soap. Sabun ini juga diklaim kaya antioksidan

Ngalup.co Beri Pemahaman Praktik Pembuatan Website Kepada Semeru Team UM

Karya 5 inovator muda ini bahkan berhasil lolos PKM‑K Pendanaan. EcoPure Soap adalah sabun gel liquid antiseptik ramah lingkungan berbahan ekoenzim dari limbah organik rumah tangga.

Kelima mahasiswa ini adalah Risa Nur Kummala dari S1 Pendidikan Fisika angkatan 2023 sebagai direktur utama. Norrist Aisyah dari S1 Biologi angkatan 2023 sebagai manajer produksi. Elsa Isnaini Putri dari S1 Akuntansi angkatan 2023. Beta Jihan Pangestu dari S1 Pendidikan Fisika angkatan 2023 sebagai manajer pemasaran. Dan Syarifah Ummu Zakiyah dari S1 Bahasa dan Sastra Inggris angkatan 2023 sebagai manajer branding. Mereka didampingi dosen Bakhrul Rizky Kurniawan. 

Pendaftaran Ditutup, Muhlas Daftar Lagi Jadi Dirut Tugu Tirta

Ketua Tim EcoPure Soap, Risa Nur Kummala mengatakan bahwa sabun karya mereka berbahan dasar ekoenzim dengan yang dipadukan dengan surfaktan Metil Ester Sulfonat (MES). Ekoenzim ini mengandung antiseptik yang tidak menyebabkan kulit kering.

Selain itu untuk menambah kandungan pada EcoPure Soap juga ditambahkan antioksidan yang yang berasal dari ekstrak bunga telang. Tujuannya menambah nilai fungsi EcoPure Soap yaitu menjaga kulit dari bahaya radikal bebas.

Misteri Pelaku Pembunuhan Mahasiswi UM Akhirnya Diungkap Polisi

"Adanya pengolahan sisa sampah rumah tangga menjadi ekoenzim sebenarnya sudah ditemukan sejak lama, namun pemanfaatan ekoenzim hanya digunakan untuk pupuk. Padahal ekoenzim mengandung antiseptik yang menyehatkan tubuh dan tidak menyebabkan kulit kuring. Oleh karena itu, mendorong kami untuk membuat sabun dari ekoenzim," kata Risa Nur Kummala. 

Dia menjelaskan pembuatan EcoPure Soap ini dilatar belakangi oleh sebagian besar permasalahan lingkungan disebabkan oleh limbah, utamanya limbah organik rumah tangga. 

Halaman Selanjutnya
img_title