Bakal Digelontor BOP Hingga Puluhan Miliar, Lembaga PAUD di Jombang Full Senyum

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, Senen
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Seluruh lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, bakal digelontor dana bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) pendidikan, puluhan miliar tahun ini.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Tak hanya itu, beberapa lembaga PAUD bakal full senyum lantaran akan ada yang mendapat BOP dobel. Yakni BOP reguler dan BOP kinerja, bagi lembaga PAUD yang memiliki raport pendidikan yang baik.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Jombang, SenenB menjelaskan, seluruh lembaga PAUD di Jombang akan diberikan BOP. Namun, besaran BOP tersebut tidak mengalami perubahan atau kenaikan bila dibandingkan dengan BOP sebelumnya.

Opini : Pilkada Kota Batu dan Harapan Pariwisata Berkelanjutan

"Tidak ada kenaikan tahun ini. BOP reguler seluruh lembaga dapat, kalau kinerja hanya lembaga yang mendapatkan peningkatan rapor pendidikan saja," ujar Senen, Jum'at 1 Desember 2023.

Senen, merinci besaran anggaran BOP untuk lembaga PAUD reguler Rp22.251.580.000, sementara besaran BOP PAUD kinerja Rp480 juta.

Perusahaan Rokok Asal Korea Investasi Pembangunan Pabrik Senilai Rp6,9 Triliun di Pasuruan

"BOP PAUD diberikan untuk seluruh siswa, Rp 610 ribu per siswa per tahun. Di Jombang, ada 1.041 lembaga yang mendapatkan BOP reguler. Untuk BOP PAUD kinerja, ada berapa lembaga yang dapat, tiap lembaga Rp22.500.000," ujarnya.

Ia pun menjelaskan ketentuan bagi lembaga PAUD yang menerima BOP, yaitu BOP PAUD reguler diberikan kepada seluruh lembaga yang telah memiliki izin operasional, NPSN.

Halaman Selanjutnya
img_title