Mahasiswa UMM Rancang Aplikasi Untuk Tuna Grahita agar Mudah Belajar

2 mahasiswa UMM rancang aplikasi untuk tuna grahita
Sumber :
  • Humas UMM

Malang, VIVAMahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Muhammad Haddad Richard, merancang aplikasi untuk anak-anak tuna grahita. Alasannya, anak dengan keterbelakangan dan kemampuan mental yang di bawah rata-rata membutuhkan model pembelajaran yang berbeda dengan anak lainnya. 

Polisi Lakukan Operasi di Flyover Peterongan, 3 Pengedar Narkoba Diringkus

Hadad mengatakan, saat ini, aplikasi itu masih dalam bentuk prototipe dan dikembangkan lebih lanjut. Dalam penulisan dan pembuatan aplikasi ini ia berkolaborasi dengan Imelda Azaliya Rahma mahisiswi prodi informatika UMM. Berkat kolaborasi keduanya sukses menjadi finalis English Nasional Competition yang diadakan di Sumatera Utara. 

"Saat rampung nanti, aplikasi ini diharapkan dapat membantu anak tuna grahita dalam mempelajari bahasa Inggris yang interaktif bersama guru,” kata Hadad, Selasa, 22 Agustus 2023. 

DPRD Kota Malang Sahkan Perda Kota Layak Anak, Pemkot Malang Diminta Segera Buat Perwal

Hadad menuturkan bahwa rancangan tersebut dilakukan melalui aplikasi CAGGAR atau Card Game Augmented Reality), permainan kartu yang bisa menampilkan tiga dimensi sebagai media pembelajaran untuk memudahkan anak tuna grahita. 

Nantinya id card akan terhubung dan dapat mengeluarkan gambar atau tampilan 3 dimensi melalui telepon genggam. Saat ini, prototipe dari aplikasi tersebut bisa dilihat di Figma. 

Seminggu Tak Keluar, Warga Jombang Ditemukan Tewas Membusuk di Rumah

"Sempat kesulitan dalam pembuatan aplikasi dan ide ini. Apalagi masih sedikit penelitian yang bisa ditemui sebagai referensi,” ujar Hadad. 

Dia pun mencoba menebar motivasi bagi mahasiswa lainnya agar mahasiswa mampu membagi waktu dengan baik antara kuliah, organisasi, perlombaan, magang dan kegiatan sehari-sehari lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title