Kelompok 734 MMD UB Bikin Pelatihan Digital Marketing dan Keuangan UMKM

Kelompok 734 MMD UB latih UMKM Simoketawang, Sidoarjo
Sumber :
  • Istimewa

Sidoarjo, VIVA – Kelompok 734 Mahasiswa Membangun Desa (MMD) Universitas Brawijaya (UB) memiliki program kerja pelatihan strategi digital marketing dan tata kelola keuangan pada UMKM

Gowes Bareng MainSepeda Jadi Cara Pj Wali Kota Malang Gerakan Sport Tourism

Pelatihan dilakukan di Balai Desa Simoketawang, Kabupaten Sidoarjo bersama puluhan pelaku UMKM setempat pada Jumat, 14 Juli 2023. 

Ketua kegiatan pelatihan Amelia Ika Pratiwi mengatakan bahwa pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan wawasan pelaku UMKM dalam memasarkan produknya di dalam maupun di luar Simoketawang. 

Mantan Wabup Pasuruan Diantar Para Ulama Daftar Cabup ke Kantor DPC PKB

"Agar mereka maksimal serta menambah pengetahuan para UMKM tentang tata kelola keuangan. Selain itu, pelatihan ini juga membantu masyarakat desa dalam meningkatkan melek teknologi," kata Amelia Ika. 

Amelia yang juga menjadi dosen pendamping lapangan ini menuturkan, untuk pembinaan terkait Strategi Digital Marketing dan Sosial Media Bagi UMKM diberikan oleh Anak Agung Ayu Mira Krisnawati.

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

Sedangkan materi Tata Kelola Keuangan UMKM diberikan oleh Purweni Widhianningrum. Materi yang disampaikan antaralain membantu meningkatkan penjualan secara online serta tahapan dalam pengelolaan keuangan. 

"Pemberdayaan ini diikuti dengan antusias yang tinggi oleh pelaku UMKM setempat. Selain itu, juga terdapat moderator yang diisi oleh tenaga pendidik dari Fakultas Vokasi yang terdiri dari Fitriana Rakhma Dhanias dan saya sendiri," ujar Amelia Ika. 

Halaman Selanjutnya
img_title