Buka KCS SMK PGRI 3 Malang, Gubernur Jatim Berpesan Jadilah Profil Pelajar Pancasila

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVAGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpesan agar pelajar bisa mengedepankan persatuan dan kesatuan serta menjunjung tinggi Profil Pelajar Pancasila

Amarah Membara Karena Terbakar Api Cemburu, Jadi Motif Pria Muharto Bacok Istri

Hal itu disampaikan olehnya saat membuka Kegiatan Cinta Sekolah (KCS) 2023 Cita Garda Nawasena SMK PGRI 3 Malang di Lapangan Arhanud, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Senin, 10 Juli 2023.

"Penguatan karakter yang dikemas seperti ini sangat penting untuk membentengi pelajar selaku generasi penerus bangsa. Sehingga karakter dan kompetensi pelajar bisa terbangun dengan baik sesuai nilai luhur Pancasila," katanya.

Mobil Rombongan Ibu Nyai Ponpes Sidogiri Tertabrak KA Pandalungan di Rejoso, 4 Orang Meningga Dunia

Mantan Menteri Sosial RI ini berkeyakinan peningkatan kapasitas, skill, dan kompetensi membuka peluang bagi SMK untuk terus berprestasi dan siap memasuki dunia industri dan dunia kerja (Dudika). 

"Kondisi ini selaras dengan adanya penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) yang cukup signifikan setiap tahunnya di Jawa Timur, khususnya lulusan SMK," tuturnya.

Putra Eks Bupati Malang Daftar Jadi Bacakada Kota Batu

Berdasarkan data BPS TPT SMK setiap tahun mengalami penurunan, tahun 2020 TPT SMK sebesar 11,49 persen, tahun 2021 menjadi 9,54 persen, dan tahun 2022 ada 6,91 persen. Bahkan hasil trace study Kemendikbudristek, TPT lulusan SMK di Jatim hanya 3,3 persen.

"Semoga ke depan lulusan SMK di Jatim bisa semakin matang untuk mempersiapkan diri menghadapi Dudika. Kalau bisa jadi juragan bukan karyawan, pasalnya SDM dari lulusan SMK memiliki potensi cukup besar untuk membuka lapangan usaha sendiri, karena mereka memiliki skill," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title