Apresiasi Ragam Cahaya Islam, LSB Muhammadiyah Kota Batu Gelar Fiqih Budaya

Fiqih budaya.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Malang – Memberikan ruang seni dan budaya mulai dikedepankan oleh Muhammadiyah Kota Batu. Salah satunya melalui acara orasi Kebudayaan dengan tajuk 'Fiqih Budaya', Sabtu 3 Juni 2023 malam. 

TPP ASN Pemkot Batu Terancam Tak Cair

Acara dengan tema Apresiasi Ragam Cahaya Islam ini pun dihadiri kader muda dan warga Muhammadiyah Kota Batu, mereka nampak antusias. Pasalnya ini merupakan acara yang pertama kalinya digelar oleh Lembaga Seni Budaya (LSB) Muhammadiyah Kota Batu.

Nampak dalam acara diisi dengan pembacaan puisi yang dibawakan oleh pelajar SMP Muhammadiyah 8 Batu serta lagu yang dibawakan oleh Nurul Fitria dan Laras Nur Sekarlangit berjudul Harmoni Serdadu. Puncak acara diisi oleh Kusen atau biasa dipanggil Kiai Cepu sebagai pembicara. 

Upaya Perlindungan Anak di Kota Pasuruan Mendapat Apresiasi Tim Kunjungan UNICEF

Dalam penjelasannya, tema singkat apresiasi memiliki nilai penting untuk memahami dan menerapkan fiqih kebudayaan dalam konteks Islam, dengan tujuan menciptakan penghargaan yang lebih besar terhadap keragaman budaya di dalam umat muslim.

"Nah fiqih kebudayaan dalam Islam mengacu pada pemahaman dan penyesuaian hukum Islam dengan nilai-nilai budaya setempat, dengan tetap memegang teguh prinsip-prinsip ajaran agama serta upaya untuk menjaga harmoni dan kesepahaman antara komunitas-komunitas yang berbeda," kata pria yang juga menjadi Wakil Ketua LSB PP Muhammadiyah ini.

Mantan Ketua DPRD Jombang Kritik Rencana Pembelian Mobdin Untuk Pimpinan Baru

Sehingga bisa membumikan nilai-nilai Islam yang memberikan ruang kepada kaum muslimin untuk mengintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari yang didasarkan pada budaya dengan memahami dan mengamalkan ajaran Islam yang relevan dengan konteks budaya lokal.

"Supaya umat muslim terutama Muhammadiyah dapat menciptakan harmoni antara identitas keagamaan dan kebudayaan mereka dengan tetap mengedepankan keadilan dan toleransi sebagai nilai-nilai penting," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title