Ngabuburit Unik, UMM Bersama Warga Binaan Lapas Perempuan Malang

Mobil KaCa di Lapas Perempuan Malang
Sumber :
  • Humas UMM

MalangUniversitas Muhammadiyah Malang memberikan bacaan menarik lewat Mobil Kamis Membaca (KaCa) di Lapas Perempuan Kelas IIA Malang. Ada beragam buku yang disediakan, mulai dari buku masak, novel, biografi hingga self development. Para warga binaan pun tertarik untuk meminjam buku selama sepekan ke depan.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Rektor UMM Fauzan, datang untuk memberikan kisah inspiratif menjelang berbuka pada Kamis, 6 April 2023 kemarin. Fauzan mengatakan bahwa hidup itu seperti fatamorgana. Dari jauh terlihat air berlimpah, tapi saat berjalan mendekati, tidak ada air sama sekali. Maka perlu adanya cara mengatur kehidupan yang harus dikuasai.

“Ada dua hal yang seringkali menjadi pertimbangan dalam melakukan sesuatu, yakni nafsu dan akal. Nafsu selalu bersandar pada keinginan yang berujung pada kesenangan. Sementara akal, selalu bersamaan dengan kebaikan,” kata Fauzan. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Fauzan mengisahkan kisah ulat yang harus melewati fase kepompong sebelum bisa menjadi seekor kupu-kupu yang indah. Hal itu mirip dengan perjalanan manusia yang jika berbuat buruk akan disingkarkan sebagaimana seekor ulat. Untuk itu, momen Ramadan menjadi jawaban seorang muslim untuk bisa meningkatkan kapasitas dan kualitas diri.

Puasa Ramadan itu ibarat kepompong, di mana ada keharusan untuk menahan diri. Ada ulat yang gagal menjadi kupu-kupu, tapi banyak pula yang berhasil. Sama seperti manusia, apabila berhasil memanfaatkan Ramadan, ia akan menjadi seseorang yang bertaqwa dan lebih baik,” ujar Fauzan. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Selain itu, Fauzan juga mengajak warga binaan lapas untuk sama-sama intropeksi diri. Menemukan kesalahan diri dan memperbaikinya sehingga mampu menjadi suci dan fitri di akhir Ramadan. Ia juga memaparkan bahwa kebahagiaan itu ada dalam hati manusia-manusia yang bersyukur.

Sementara itu, Plt Kepala Lapas Perempuan kelas IIA Malang, Lilik Sulistyowati menganggap kegiatan UMM Berbagi untuk Negeri dengan Mobil KaCa atau NgabubuREAD. Sebelumnya, sudah banyak program yang dijalankan di Lapas. Mulai dari pelatihan menulis, pembuatan video klip band warga binaan, kurban sapi, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
img_title