Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota Diraih 20 Sekolah di Kota Malang

Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota
Sumber :
  • Humas Pemkot Malang

Malang – Sebanyak 20 sekolah di Kota Malang meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota. Apresiasi ini diberikan oleh Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang atas Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) di Balai Kota Malang, Senin, 27 Maret 2023. 

FKP Jadi Cara RSUD Karsa Husada Maksimalkan Potensi Pengembangan Pelayanan Wisata Medis

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil dari kerja dari sekolah yang memiliki komitmen tinggi. Dia berharap gerakan PBLHS menjadi budaya perilaku bertanggung jawab dalam pelestarian lingkungan hidup, serta kualitas lingkungan hidup di sekolah. Selain itu, diharapkan mendukung ketahanan bencana warga sekolah. 

“Artinya orang yang memiliki komitmen, upaya, dan usaha terus-menerus yang istikamah itu tidak banyak. Maka yang namanya prestasi hanya bisa diraih oleh mereka yang memiliki keyakinan dan komitmen,” kata Sutiaji. 

PKS Kerucutkan Nama ke Sam Fuad Untuk Pilwali Kota Malang

Ada 20 sekolah yang dinilai mampu menerapkan Gerakan PBLHS dan mendapat penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota Tahun 2022.

20 sekolah itu, yakni MI Nurul Huda, MIN 1, SD NU Hasyim Asy’ari, SDN Bakalankrajan 2, SDN Bandulan 5, SDN Bareng 1, SDN Ciptomulyo 1, SDN Jatimulyo 2, SDN Jatimulyo 5, SDN Karang Besuki 2, SDN Kebonsari 1, SDN Lesanpuro 2, SDN Madyopuro 5, SDN Oro-Oro Dowo, SDN Tanjungrejo 3, SDN Tlogowaru 2, SMPK Mardiwiyata, SMP Muhammadiyah 1, MTsN 2, dan MTs Sunan Kalijaga. 

Ada Isu Duet Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin Warga Sukun Bakal Dukung di Pilwali Kota Malang

"Penilaian Sekolah Adiwiyata ada banyak aspek yang diperhatikan. Salah satu diantaranya adalah menjaga kebersihan material, dalam hal ini adalah penyediaan sarana prasarana, juga yang non-sarpras,” ujar Sutiaji. 

Selain pentingnya aspek kebersihan, Gerakan PBLHS juga memperhatikan fungsi sanitasi dan drainase. Kemudian pengelolaan sampah dan penanaman serta pemeliharaan pohon, tanaman, konservasi air dan konservasi energi, hingga inovasi terkait perilaku ramah lingkungan hidup.

Halaman Selanjutnya
img_title