UMM Kenalkan Maskot Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke 35

Si Panji maskot dan logo PIMNAS 35
Sumber :
  • Humas UMM.

MalangUniversitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi tuan rumah dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa nasional (PIMNAS) ke-35. Ajang ini akan digelar pada 30 November hingga 4 Desember mendatang.

Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Gus Ipul Salat Ied Bersama Warga Bugul Permai

Even bergengsi antara perguruan tinggi ini akan dihadiri oleh ribuan peserta dari berbagai daerah dan kampus. UMM juga telah menyiapkan berbagai hal agar rangkaian acara bisa berjalan dengan baik. Salah satu yang menarik yaitu maskot dan logo PIMNAS 35 yang diberi nama Si Panji.

Adapun Si Panji merupakan gagasan yang dinisiasi oleh Kepala Biro Informasi dan Komunikasi (infokom) UMM, Suyatno, dan tim persiapan. Uniknya, Si Panji memberikan nilai filosofis yang menarik. Dimulai dari helm astronot yang menggambarkan mahasiswa sebagai ilmuwan. Sementara topeng panji menjadi simbol kesenian daerah Malang, yaitu tari topeng Malangan dengan tokoh utama seorang kestaria bernama Panji Asmoro Bangun.

Gus Ipul Gelar Salat Tarawih Bersama Khofifah di Malam Nuzulul Quran

"Tokoh ini merupakan kesatria yang ceras, lembut hari, bijaksana, serta tegas dalam mengambil keputusan. Wajahnya yang berwarna hijau menjadi cermin akan sifat-sifat tersebut,” kata Suyatno, Jumat, 25 November 2022. 

Sedangkan makna jas dan dasi yang dikenakan. Menurutnya, dua item itu menggambarkan profesionalitas mahasiswa sebagai kaum intelektual dan calon pemimpin masa depan. 

Pemkot Pasuruan Salurkan Zakat Mal Melalui Baznas 

Selain itu, ada juga pakaian penari topeng malang yang menjadi visualisasi dari Malang Raya. Kemudian yang terakhir adalah sepatu yang merepresentasikan kaum intelektual yang mengedepankan etika, estetika, dna kesantunan.

“Kami memilih maskot Si Panji dengan harapan semua mahasiswa peserta PIMNAS yang datang dari penjuru negeri dapat mewarisi kecerdasan dan sifat-sifat baik dari Panji Asmoro Bangun. Selamat berkompetisi dengan sehat, semoga mendapatkan hasil terbaik dari usaha-usaha yang diupyakan,” ujar Suyatno. 

Halaman Selanjutnya
img_title