Saatnya Timnas Naik Kelas, Cari Lawan Rangking FIFA Lebih Tinggi

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia
Sumber :
  • Instagram PSSI Official

MalangTimnas Indonesia kembali meraih kemenangan dalam pertandingan FIFA Matchday kedua melawan Timnas Curacao. Skuad asuhan Shin Tae-yong menang dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa malam WIB 27 September 2022. 

Sebelumnya Indonesia juga menang atas Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 27 September 2022, mereka menang dengan skor 3-2.

Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih kepada para pemainnya. Di atas lapangan semua mau bekerja keras dan memberikan penampilan terbaik mereka.

"Saya berterima kasih kepada para pemain karena sudah bekerja keras dan saya sangat bangga," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan dikutip dari VIVA. 

Dua laga FIFA Matchday 2022 telah dilalui dengan baik. Curacao bukanlah lawan mudah, karena secara ranking FIFA, mereka ada di urutan 84. Sedangkan Indonesia di posisi 155.

Untuk tahun depan, juru taktik asal Korea Selatan itu berharap lawan tim dengan ranking FIFA lebih tinggi lagi. Ini tujuannya tak lain untuk membuat sepakbola Indonesia semakin maju.

"Untuk tahun ini, FIFA Matchday sudah selesai semua, apstinya tahun depan akan diadakan lagi, dan harus lawan yang ranking-nya lebih tinggi. Agar sepakbola Indonesia bisa semakin maju ke depan," tuturnya.

Pelatih berusia 51 tahun itu mengatakan, para pemain Indonesia kini jauh lebih percaya diri dari sebelumnya. Ini terlihat setelah mereka lolos ke Piala Asia 2023.

Buka cuma itu, Shin Tae-yong juga mengakui jika sekarang ini para pemain sudah mulai mengerti dengan filosofi sepakbola yang dia inginkan.

Ketika itu diadopsi dengan baik dan diterapkan di lapangan oleh para pemain, hasil yang didapatkan pun jadi lebih baik dari sebelumnya. Ini menjadi sinyal positif jelang tampil di Piala AFF 2022.

"Setelah lolos Piala Asia, pemain mulai percaya diri. Mereka juga mulai paham dan sadar filosofi sepakbola saya seperti apa. Mereka semakin bisa beradaptasi dengan filosofi sepakbola saya," ujar Shin Tae-yong.