Jelang Porprov, Pemkot Malang Siapkan Rp46 Miliar Untuk Renovasi Stadion Gajayana

Stadion Gajayana Kota Malang.
Sumber :
  • VIVA Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Malang Raya akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2025 mendatang. Kota Malang menjadi salah satu daerah yang juga berstatus tuan rumah. 

Ayo Kawal Perjuangan Timnas, Dengan Nobar Di Stadion Gajayana Kota Malang

Persiapan insfrastuktur sedang dipersiapkan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang. Salah satu venue yang perlu mendapat sentuhan renovasi adalah Stadion Gajayana, Kota Malang. 

Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi mengungkapkan bahwa renovasi Stadion Gajayana, Kota Malang membutuhkan dana sebesar Rp46 miliar. Renovasi dibutuhkan agar stadion tertua di Indonesia ini layak menyelenggarakan kegiatan berskala regional dan nasional. 

Pemkot Batu Sediakan 900 Porsi Makanan Gratis saat Nobar Timnas U-23

Pemerintah Kota Malang telah mengajukan proposal renovasi ke Kementerian PUPR dan Pemprov Jatim. Bahkan, hal ini telah disampaikan langsung oleh Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat dan mendapat respon yang baik oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Kami sedang berupaya agar pembiayaan renovasi Stadion Gajayana nanti bisa dibantu provinsi dan APBN. Bu Gubernur juga sudah memerintahkan Sekda Jatim supaya dianggarkan di awal APBD 2025. Sehingga saat Porprov bulan September 2025 nanti, stadion sudah bagus dan rapi," kata Baihaqi, Jumat, 12 Januari 2024. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Selain menjalin komunikasi dengan Kementerian PUPR dan Pemprov Jatim. Pemkot Malang juga berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Rencana Anggaran Belanja (RAB) pun sudah disusun.

Dalam RAB sementara perbaikan menyentuh area dalam Stadion Gajayana. Mulai penggantian rumput, perbaikan lintasan lari, pengecatan stadion, penambahan 10 ribu kursi single seat, scoring board, lampu penerangan dan sarana pendukung lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title