Serunya Balapan Downhill di Kungkuk, Lintasi Dapur hingga Ruang Tamu Rumah Warga

Salah satu pembalap downhill urban.
Sumber :
  • Ist/ Reza Akhma

Batu, VIVA – Balap sepeda gunung atau downhill identik menuruni pegunungan maupun perbukitan. Tapi hal berbeda tersaji dalam ajang Urban Downhill Java Series 2023 di Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu 5 November 2023.

Atlet Downhill Asal Kota Batu Berhasil Jadi Juara Asian Mountain Bike di Malaysia

Para pembalap nampak melewati perkampungan warga yang memang memiliki kecuraman dan sangat cocok dijadikan lintasan downhill. Bahkan para pembalap diharuskan melintasi dapur hingga ruang tamu rumah warga, itu yang membuat perlombaan ini semakin seru. 

Ratusan peserta dari berbagai daerah nampak sangat serius ingin mencatatkan waktu tercepatnya dalam beberapa kelas yang diperlombakan antara lain, women open, women elite, men pra youth, men youth, men junior, men sport, men master, dan men elite.

Tamzil Ainnur Rizal, Sosok Potensial yang Ramaikan Bursa Pilkada Batu 2024

Salah satu penonton, Arief Juli Prabowo yang datang bersama istrinya mengaku sangat terhibur dengan lomba tersebut. Karena biasanya lomba downhill identik dengan menuruni gunung. Tapi sekarang pembalap menuruni perkampungan melintasi jalan setapak.

"Jadi semakin seru, ada yang lewat dapur, ruang tamu, lorong kecil, dan lainnya. Apalagi jarang ada di Indonesia, ini mumpung dekat ya kebetulan saya ingin langsung menonton. Apalagi saya memang suka bersepeda," tuturnya.

Long Weekend Kota Batu Dipadati Wisatawan

Sementara itu, warga setempat, Heru Yulianto mengapresiasi perlombaan. Karena selain bisa menjadi ajang promosi wisata desa, juga bisa menggerakkan roda perekonomian warga sekitar. Terlebih gelaran ini sudah dilaksanakan 3 tahun terakhir ini.

"Yang datang dari penjuru Indonesia sehingga berdampak positif bagi warga. Misalnya mereka bisa menjual makan dan minum serta beberapa rumah warga yang disewa. Tentu event ini mampu menggeliatkan perekonomian warga sekitar," tuturnya.