Bogank Ingin Kabupaten Malang Jadi Barometer Olahraga Sepatu Roda

Muskab Porserosi Kabupaten Malang
Muskab Porserosi Kabupaten Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Ketua Umum Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Kabupaten Malang kembali dijabat oleh Priyo Sudibyo secara aklamasi untuk periode 2022-2026. Hal itu setelah dilakukan Musyawarah Kabupaten (Muskab) yang digelar di Social Palace Cafe, Jalan Danau Tondano, Sawojajar, Kota Malang pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Pria yang akrab disapa Bogank itu mengaku siap untuk menjadikan Kabupaten Malang sebagai barometer olahraga sepatu roda. Kondisi itu tidak menutup kemungkinan karena berkaca pada gelaran Porprov Jatim 2022 untuk cabor sepatu roda Kabupaten Malang dapat mendulang 5 medali. 

"Target awal kan 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu tetapi kami bersyukur bisa lebih baik dengan mendapatkan 2 emas 2 perak dan 1 perunggu. Ini karena kerja keras dan motivasi semua pihak," kata Bogank saat diwawancarai. 

Dia tidak mengira raihan dari prestasi tersebut karena atlet-atlet yang diturunkan masih tergolong pemula. Pihaknya juga terus mempersiapkan atlet-atlet yang akan berlaga di Porprov Jatim 2023. 

"Kita terus siapkan, ada 6 putra dan 6 putri, nanti siap untuk bersaing, kemarin putranya masih kedodoran tapi Insya Allah tahun depan mereka matang dan siap bertanding," tuturnya. 

Dalam gelaran Porprov Jatim 2023 ke depan, dia optimis untuk cabor sepatu roda dapat meraih 3 hingga 4 medali emas. Bogank juga memiliki target untuk Kabupaten Malang tidak lagi dipandang sebelah mata dalam dunia olahraga sepatu roda. 

"Karena yang selama ini dianggap maju ada tiga daerah yakni Sidoarjo, Surabaya dan Kota Malang. Tapi kita ingin Kabupaten Malang juga bisa menjadi barometer, tidak hanya level Jawa Timur tapi bisa nasional dan itu bisa kita buktikan di jajaran 4 besar dengan prestasi kemarin," katanya. 

Meski belum ada atlet sepatu roda di tingkat nasional, tetapi pihaknya akan mempersiapkan beberapa atlet untuk dilirik Porserosi Jawa Timur mengikuti PON 2024. 

"Yang sudah dapat emas (di Porprov 2022) kita proyeksikan ikut PON, jadi kita asah lagi di Porprov tahun depan, nanti dari Pengprov yang merekomendasikan naik ke level nasional," ujarnya. 

Bogank mengungkapkan pada Oktober 2022 mendatang direncanakan akan dihelat ajang sepatu roda yakni Bupati Malang Cup (BMC) dan Piala Ibu Negara (PIN) di sekitar Stadion Kanjuruhan. Rencananya ajang tersebut akan diikuti perwakilan atlet dari beberapa negara. 

"Tanggal 7, 8 dan 9 itu ada BMC dan PIN dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Malang, kita punya venue taraf Internasional dan tahun 2017 itu untuk PIN diikuti negara-negara seperti Malaysia, Filipina, Singapura dan lainnya, dan sudah menjadi kalender resmi dari PB Porserosi," katanya.