Polisi Periksa 3 Orang Ungkap Dugaan Kesengajaan Pembakaran Lahan di Gunung Arjuno

Tim gabungan memadamkan api di Gunung Arjuno.
Sumber :
  • Humas Polres Malang

Malang, VIVA Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan bahwa mereka memeriksa sebanyak 3 orang kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuno. Ada dugaan lahan hutan sengaja dibakar. Hal ini merujuk pada laporan dari petugas Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo dan Perhutani

Peringatan Hari Buruh di Kota Malang Diwarnai Aksi 'Mberot'

"Kami menindaklanjuti dengan pendalaman, apakah bukti tersebut benar atau tidak, saat ini tim sedang bergerak," kata Putu Kholis, Kamis, 7 September 2023. 

Putu menuturkan bahwa sudah 3 orang dimintai keterangan untuk mencari bukti dugaan pembakaran lahan yang disengaja di wilayah Gunung Arjuno. Mereka yang dimintai keterangan adalah petugas Perhutani, yang mengetahui dugaan pembakaran lahan. Polisi masih terus berkoordinasi dengan Tahura Raden Soerjo dan Perhutani, untuk menemukan bukti di lapangan.

Momen Hardiknas 2024, Monumen Ki Hajar Dewantara di Jombang Terabaikan dan Kurang Terawat

"Ini menindaklanjuti informasi yang kami dapat dari Tahura maupun perhutani. Masih dilakukan pendalaman terhadap temuan-temuan di lapangan karena kami fokus ke pemadaman di atas. Namun berbagai temuan masih kami tindaklanjuti, kami dalami, untuk dapat alur yang sesuai dengan fakta," ujar Putu Kholis. 

Disisi lain, Putu menuturkan untuk titik api di kawasan Gunung Arjuno sisi Kabupaten Malang berhasil dipadamkan oleh tim gabungan. Meski padam mereka masih melakukan pemantauan terhadap potensi adanya titik api lagi yang muncul.

Masuk Tahapan Pemberangkatan, CJH Mulai Dilepas KBIH ke Kemenag Jombang

"Per hari ini sudah padam di Malang. Baru saja Kapolres Pasuruan datang tadi pagi kami berkoordinasi intens salah satunya di penanganan. Alhamdulillah yang di wilayah Malang sudah berhasil padam," tutur Putu Kholis. 

Kebakaran di Gunung Arjuno pertama kali dilaporkan terjadi pada Sabtu, 26 Agustus 2023 dinihari. Laporan awal titik api pertama kali muncul di Curah Sriti, Bukit Lincing, hingga Bukit Budug Asu, masuk Singosari, Kabupaten Malang. 

Halaman Selanjutnya
img_title