Gempur Rokok Ilegal, Satpol PP Kota Batu Gandeng Satlinmas

Satpol PP Kota Batu sosialisasi Gempur Rokok Ilegal.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Kota Batu yang merupakan kota wisata merupakan wilayah rawan peredaran rokok ilegal. Untuk itu Satpol PP Kota Batu pun getol melakukan upaya pencegahan.

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Salah satunya yaitu memberikan edukasi dan pemahaman kepada Satlinmas se-Kota Batu melalui sosialiasi bertema Gempur Rokok Ilegal dalam 'Peningkatan dan Peran Masyarakat Terhadap Cukai Ilegal di Wilayah Kota Batu', melibatkan Bea Cukai Malang, Polres Batu, dan Kejaksaan Negeri Kota Batu, pada Kamis, 10 Agustus 2023. 

Total ada sekitar 80 anggota Linmas dari Desa Oro-oro Ombo, Desa Sidomulyo, Kelurahan Sisir, dan Kelurahan Temas dilibatkan. Sosialiasi digelar secara bertahap dan bergilir sebanyak enam kali kepada semua linmas di Kota Batu yang berjumlah total sekitar 1.500 orang.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Kabid Perlindungan Masyarakat dan Bina Aparatur Satpol PP Kota Batu, Donny Indri Jatmoko berharap dari sosialiasi linmas selaku garda terdepan dalam penegakan hukum bisa terlibat aktif dalam pencegahan rokok ilegal. 

"Apalagi Kota Batu merupakan kota wisata yang tentunya cukup rawan peredaran rokok ilegal. Peran serta linmas tentu sangat membantu dalam pengawasan agar pemberantasan cukai ilegal bisa terlaksana dengan maksimal sesuai peraturan perundang-undangan," kata Donny. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Terlebih, rokok yang tidak berizin bila dibiarkan secara bebas bisa menyebabkan kerugian negara. Pihaknya ingin Linmas bisa memantau transaksi peredaran rokok ilegal. 

"Jika menjumpai ada rokok ilegal bisa melaporkan ke kami atau pihak kepolisian. Kesadaran menolak perbuatan yang berdampak pada pendapatan negara harus digelorakan secara terus menerus," ujar Donny. 

Halaman Selanjutnya
img_title