Ricuh Penangkapan Lukas Enembe, 1 Orang Tewas dan 16 Orang Terluka

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

MalangKapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri mengungkapkan bahwa satu orang tewas terkena tembakan saat terjadi kerusuhan dalam penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe pada Selasa, 10 Januari 2023 kemarin. Mereka juga mengamankan 19 simpatisan Lukas. 

KoinWorks Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi Melalui Yoga

"Satu kena tembak dan meninggal," kata Mathius dalam konferensi pers daring pada Rabu, 11 Januari 2023 dikutip dari VIVA.co.id. 

Polisi menangkap 19 orang dari dua lokasi kerusuhan. Pertama di Mako Brimob Polda Papua sebanyak 2 orang diamankan. Dan 17 orang diringkus di Bandara Sentani, Jayapura dan dibawa ke Polres Kabupaten Jayapura. Untuk satu orang simpatisan yang tewas termasuk dari 17 orang yang diamankan di Polres Kabupaten Jayapura dan 16 orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka.

Taman Krida Budaya Jatim Bakal Dibangun Jadi Hotel Berbintang dan Sentra Kuliner

"Tentunya, sebagai Kapolda saya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban. Peristiwa itu terjadi saat rombongan KPK membawa Gubernur Papua setelah pesawat meninggalkan bandara," ujarnya. 

Adapun peran dari belasan orang yang diamankan antaralain melemparkan batu ke Mako Brimob Polda Papua. Massa kecewa atas ditangkapnya Lukas Enembe oleh KPK. 

TPP ASN Pemkot Batu Terancam Tak Cair

"Saya bersyukur bisa kita amankan yang melemparkan dan kita sudah mengambil keterangan ada dua orang. Apabila nanti dari hasil pemeriksaan mereka tidak ada keterkaitan itu, kita akan kembalikan," tuturnya.

Namun demikian, Mathius mengatakan simpatisan tidak ada yang mengganggu penerbangan Lukas ketika hendak dibawa Penyidik KPK ke Jakarta. 

Halaman Selanjutnya
img_title