Perkuat Prinsip Ekonomi Pancasila, Mebiso Beri Edukasi Merek Kepada Pelaku UMKM Malang Raya

Mebiso Turut Memperkuat Ekonomi Pancasila
Sumber :
  • istimewa

Malang – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang signifikan dalam menciptakan ekonomi yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam hal ini, UMKM berfungsi sebagai agen utama dalam mewujudkan kesejahteraan ekonomi yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Dengan memberdayakan individu untuk berwirausaha dan mandiri secara ekonomi, UMKM tidak hanya menciptakan lapangan kerja tetapi juga memberikan akses kepada masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi kesenjangan ekonomi. 

Selain itu, UMKM juga memainkan peran penting dalam mengembangkan ekonomi kreatif melalui produk-produk unik dan layanan inovatif, sesuai dengan semangat keanekaragaman budaya yang dianut oleh Pancasila. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Melalui keberagaman industri dan distribusi geografisnya yang luas, UMKM juga membantu memperkuat ketahanan ekonomi negara, menjadikan ekonomi lebih tangguh terhadap guncangan ekonomi global. 

Sehingga, UMKM tidak hanya menjadi tulang punggung ekonomi Pancasila, tetapi juga merupakan sarana untuk mewujudkan prinsip-prinsip keadilan sosial dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Salah satu contohnya, yakni Warung Mak Beng. Tempat makan yang terletak di kawasan Sanur, Bali ini dinobatkan peringkat ketiga sebagai tempat makan paling legendaris di dunia.

Berdiri sejak 1941, mereka konsisten hanya menjual satu menu saja. Tentunya, dengan mengandalkan ikan segar tangkapan nelayan Bali. Jadi, tak hanya membangun bisnis, tapi juga  menyejahterakan masyarakat lokal.

Halaman Selanjutnya
img_title