Ratusan Ribu Jamaah Padati Haul Kiai Haji Abdul Hamid Kota Pasuruan

Haul Kiai Haji Abdul Hamid Kota Pasuruan
Sumber :
  • Mochamad Rois / Pasuruan

Pasuruan, VIVA – Haul Kiai Haji Abdul Hamid Kota Pasuruan di Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah diserbu ratusan ribu pengunjung. Sepanjang jalan Jawa, Jalan Wachid Hasyim dan kawasan Alun-alun serta area Masjid Jami Al-Anwar pun penuh sesak, pada Senin, 25 September 2023. 

Temuan Jasad di Kebun Tebu Gegerkan Warga Jombang, Diduga Lansia Setempat yang Hilang

Dalam pantuan di area haul. Masyarakat yang hadir tidak hanya dari wilayah Pasuruan, tapi juga daerah -daerah di luar Kota Pasuruan dan luar Jawa Timur. Mereka menaiki kendaraan umum seperti bus, atau menyebarangi laut dengan menggunakan kapal.

"Kira-kira yang datang ke Haul KH Abdul Hamid ini lebih dari 100.000 jamaah," kata Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Melihat Gelaran Car Meet Up 2024 Pertama Kali di Pasuruan

Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu menuturkan, jika dalam penanganan acara Haul Kiai Haji Abdul Hamid ini, total ada 1.100 orang petugas gabungan yang membatu kelancaran acara haul, yang berasal dari unsur Forkopimda, ormas dan para relawan-relawan.

"Seperti tahun yang lalu, semua ASN Pemkot Pasuruan pun diliburkan. Tidak diliburkan untuk keluar kota, tapi untuk melayani jamaah yang mendatangi acara Haul Kiai Haji Abdul Hamid," ujar Gus Ipul. 

PKB Jombang Optimistis Usung Kades di Pilkada Jombang 2024, Wakilnya Bisa dari Kalangan Nahdliyin

Tidak hanya itu, semua gedung-gedung milik pemerintah pun dibuka untuk menampung para jamaah yang sudah berdatangan sejak Minggu malam, 24 September 2023. 

"Semua kontor dibukak. Semalam ada yang nginep di Gedung DPRD Gedung Kesenian, Pendopo, Kantor Kecamatan, semua terbuka untuk jamaah. Catatan Pemkot Pasuruan, makin tahun jamaah haul yang datang semakin besar," tutur Gus Ipul. 

Halaman Selanjutnya
img_title