Karnaval Sepeda Hias, Cara Warga GNS Malang Tanamkan Nasionalisme Sejak Dini

Lomba sepeda hias di GNS Singosari, Malang.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Malang, VIVA – Kebahagian dan semangat nasionalisme terpancar dari anak-anak saat mengikuti parade sepeda hias bertema merah putih yang dilaksanakan warga Perumahan Griya Nieuw Singhasari (GNS), Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Minggu, 20 Agustus 2023. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Berbagai macam hiasan yang didominasi warna merah dan putih serta foto para pejuang kemerdekaan yang menempel pada puluhan sepeda para peserta anak-anak membuat acara semakin meriah.

Ketua pelaksana, Mohammad Azmi Amrullah mengatakan bila acara ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke 78 RI. Selain itu untuk mengedukasi anak-anak, sehingga bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme mereka sejak dini. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

"Era saat ini banyak para generasi penerus bangsa khususnya anak-anak yang tidak mengenal para pahlawan. Kami ingin dari acara ini anak-anak mengetahui siapa saja pahlawan kemerdekaan, seperti tadi ada foto yang terpasang di sepeda seperti Bung Karno, Bung Hatta, dan lainnya," katanya.

Harapannya kegiatan ini bisa menambah kecintaan masyarakat, sekaligus mengenang betapa beratnya perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

"Semoga dari kegiatan ini anak-anak dapat tumbuh menjadi pejuang-pejuang bangsa di masa depan. Rencananya kami juga akan menggelar secara rutin setiap tahun," katanya.

Sebenarnya sepeda hias merupakan puncak acara peringatan kemerdekaan di lingkungannya. Pasalnya rangkaian peringatan sudah dilaksanakan sejak pertengahan Juli hingga Agustus ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title