3 Elang Jawa Terekam Kamera, Lereng Gunung Arjuna Bisa Dikembangkan jadi Eco Tourism

Lereng Gunung Arjuno
Sumber :
  • Tour Lereng Gunung Pucung

Batu, VIVA – Tiga ekor elang jawa terekam kamera trap milik Pro Fauna di lereng Gunung Arjuna. Tepatnya berada di Gunung Pucung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Belasan Peserta Upacara Hardiknas di Jombang Jatuh Pingsan

Sebenarnya tidak hanya Elang Jawa, Macan Tutul Jawa yang pernah dijumpai petugas meski tidak terekam kamera. Hal itu menunjukkan di sana bisa dikembangkan menjadi eco tourism.

Artinya sebuah aktivitas wisata mengamati kehidupan satwa liar di alam bebas. Konsep itu sangat dimungkinkan diterapkan, tetapi semua pihak harus berkomitmen menjada ekosistem agar kawasan hutan tetap terjaga. 

Irak U23 vs Indonesia U23, Garuda Muda Wajib Menang Demi Satu Tiket Lolos Olimpiade Paris 2024

Terlebih lereng Gunung Arjuno memiliki keanekaragaman hayati melimpah sehingga bila dirawat dengan baik bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat. 

Founder Pro Fauna, Rosek Nur Sahid membenarkan jika dijumpai tiga ekor elang jawa yang terekam kamera. Itu mengindikasikan begitu pentingnya menjaga ekosistem hutan di lereng Gunung Arjuna.

Datangi Rumah Para Guru, Cara Kadindik Jatim Peringati Hari Pendidikan Nasional

"Mengelola hutan selaras menjaga keanekaragaman hayati sehingga mendatangkan nilai ekonomis bagi masyarakat," kata Rosek, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Dirinya pun mengajak masyarakat di sekitar Gunung Pucung untuk menjaga kelestarian hutan. Jangan sampai terjadi alih fungsi hutan yang dapat menimbulkan kerusakan ekosistem.

Halaman Selanjutnya
img_title