Inspiratif Warga Kedungkandang Kota Malang Kumpulkan Sampah Untuk Santuni Yatim Piatu

Bank Sampah Tempe Barokah di Kedungkandang, Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Warga RT 07 RW 3 Kedungkandang, Kota Malang memiliki cara unik dalam melestarikan lingkungan sekitar. Warga secara kolektif mengumpulkan sampah plastik untuk dipilah kemudian dijual dijadikan uang. 

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Berbeda dengan Bank Sampah pada umumnya yang memiliki nilai ekonomis bagi para penabung sampah. Di Tempe Barokah akronim dari Tempat Pemilah Sampah Barokah. Hasil pengumpulan sampah yang dijual digunakan untuk menyantuni anak yatim piatu dan kaum duafa

Ketua Tempe Barokah, Susiana Ita mengatakan, dalam setahun warga bisa menghasilkan sampah plastik dan sampah rumah tangga sekitar 3,5 ton. Sampah yang dikumpulkan dari warga ini dipilah oleh sekitar 20 relawan yang mayoritas berasal dari RT 07 RW 3 Kedungkandang. 

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

"Kami ingin menjadi virus bahwa sampah plastik ini memiliki nilai ekonomisnya. Sampah-sampah dari rumah tangga ini dikumpulkan dari sedekah warga yang ada disini. Hasil pengumpulan di jual. Nanti uangnya diserahlan ke yatim piatu, dan duafa, beserta petugas kebersihan," kata Ita, Minggu, 13 Agustus 2023. 

Ita menuturkan, warga di RT 07 RW 03 Kedungkandang memiliki moto pantang pulang tanpa membawa sampah. Warga yang resah dengan banyaknya sampah berserakan akhirnya kini memiliki kebiasaan baru untuk memungut, menyortir lalu bersedekah melalui Tempe Barokah. 

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

"Kita punya komunal bagi mereka yang tidak sempat ke Bank Sampah kita taruh komunal. Setiap Jumat di kirim ke Tempe Barokah. Perbedaan mencolok sampah tadinya keleleran sekarang tidak ada. Jadi simpel saja awalnya keresahan kita tentang sampah plastik," ujar Ita. 

Tempe Barokah berdiri pada 14 Agustus 2022 lalu. Setiap tahun mereka memberikan santunan kepada yatim piatu, duafa, beserta petugas kebersihan. Tahun lalu sebanyak 22 orang mereka beri santunan. Tahun ini 11 orang yang mereka beri santunan. Besarnya jumlah santunan dan orang yang menerima tergantung sampah yang disedekahkan warga. 

Halaman Selanjutnya
img_title