Meriahnya Karnaval 1000 Banteng Nuswantara di Kota Batu

Seniman bantengan.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Masyarakat dan wisatawan tumpah ruah menyaksikan aksi seni budaya bantengan bertajuk karnaval 1.000 banteng dalam peringatan 15 tahun Bantengan Nuswantara di Kota Batu, Minggu, 6 Agustus 2023. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Di sepanjang jalan Panglima Sudirman, puluhan ribu orang menyaksikan pertunjukan. Nampak, para seniman beraksi layaknya banteng yang sedang mengamuk dengan mengenakan atribut topeng kepala banteng diiringi musik Jawa

Selain itu juga ada seniman yang mengenakan kostum mirip harimau sedangkan seniman lainnya, ada yang memainkan pecut untuk mengendalikan pemain bantengan. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Teknis pelaksanaan dimulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, dengan titik kumpul di Jalan Kebon Kopi Stadion Brantas. Para kontingen berbaris ke sepanjang Jalan Agus Salim Sini Sono.

Lalu, dari titik nol Kota Batu tepatnya di Taman Segitiga Kauman masing-masing kontingen Bantengan mulai melakukan atraksinya sampai ke barat Jalan Gajah Mada, Panglima Sudirman dan atraksi di Panggung Suguh depan Rumah Dinas Wali Kota Batu.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Koordinator Panpel, Muhammad Anwar menjelaskan gelar karya kerakyatan tersebut merupakan rangkaian acara 15 tahun Bantengan Nuswantara. Kegiatan dimulai tiga hari mulai 4-6 Agustus 2023 dengan puncaknya saat ini.

"Kegiatan ini akan diikuti 2.000 seniman tradisi Bantengan yang berkolaborasi lintas disiplin seni tari, musik, rupa dan ritual adat dari 12 negara, 4 benua. Selain itu juga ada partisipasi dari 20 simpul relawan, 30 donatur seni dan multipihak lintas instansi," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title