Konon Arjuna Pernah Bertapa di Gunung Keramat di Kota Batu, Kini Sering Didatangi Warga

Gunung Wukir
Sumber :
  • Hasan

Batu, VIVA – Ada sebuah gunung yang dikeramatkan oleh warga Kota Batu sesuai cerita legenda. Gunung tersebut adalah Gunung Wukir yang berada di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Sinyal Koalisi Menguat, Ketua Gerindra Kabupaten Pasuruan Mendaftar Bacabup Ke PDIP

Gunung yang memiliki tinggi 635 meter di atas permukaan laut (Mdpl) diyakini merupakan tempat pertapaan Arjuna, tokoh pewayangan yang memiliki kesaktian luar biasa. 

Banyak cerita leluhur secara turun temurun yang menyebut dulunya Gunung Wukir adalah puncak tertinggi Gunung Arjuno kemudian dipotong dan dilempar oleh Semar dan Togog. 

Arema FC Bersyukur Tidak Jadi Terlempar Dari Liga 1

Penyebabnya, konon dulu Arjuna bertapa di puncak Gunung Arjuno untuk menambah kesaktian dan mengharap hadiah dari para dewa. Karena cukup lama, gunung tersebut rupanya semakin bertambah tinggi hingga menembus kahyangan yang dihuni oleh para dewa.

Kahyangan pun dibuat bergetar, dewa-dewa pun geger, bila dibiarkan Arjuna bisa meluluhlantahkan kahyangan. Para dewa pun mencoba membangunkan Arjuna dari pertapaan namun kembali tidak beranjak dari pertapanya.

529 Daftar jadi PPK Pilkada Jombang 

Dewa pun kebingungan sehingga mengutus Semar atau Bhatara Ismaya. Semar pun mengajak Togog membangunkan Arjuna. Percobaan pertama gagal, Arjuna tetap enggan beranjak dari pertapaannya. 

Karena tak membuahkan hasil, Semar dan Togog akhirnya bertapa dipinggir gunung tempat Arjuna bertapa. Wujudnya pun menjadi besar, kemudian keduanya memotong pucuk Gunung Arjuno kemudian melempar ke arah Selatan. 

Halaman Selanjutnya
img_title