Hargai Karya Musisi, Anang Family Karaoke Terapkan Penarikan Royalti Penggunaan Lagu

Anang Family Karaoke and Hi5five Lounge di Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Anang Family Karaoke kembali dengan tampilan baru yakni Anang Family Karaoke and Hi5five Lounge di Jalan Gatot Subroto 94-96, Kota Malang. Tempat ini sempat tutup pada 2020 silam dan kini kembali dibangun dengan konsep baru dan di tempat baru pada tahun ini. 

Ada Isu Duet Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin Warga Sukun Bakal Dukung di Pilwali Kota Malang

Mereka mengusung konsep yang bakal menjadi pilot project di Indonesia. Yakni terkait hak cipta penggunaan lagu dan pengembangan karya lagu di karaoke miliknya.

"Konsep ini sudah pernah diterapkan di Anang Family Karaoke sebelumnya, kemudian ada pandemi COVID-19 jadi terhenti. Dengan penerapan konsep ini, maka musisi atau pencipta lagu dapat royalti, pemerintah dapat pemasukan pajak dan pebisnis jalan aman," kata Anang Hermansyah di Anang Family Karaoke and Hifive Lounge, Sabtu, 6 Mei 2023. 

Kak Fai Bikin Program Tebus Murah Sembako untuk Muslimat NU Kota Malang

Hi5five Lounge merupakan bagian dari Anang Family Karaoke, mereka akan menerapkan penarikan royalti terhadap setiap lagu yang dinyanyikan di tempat karaoke tersebut. Setiap lagu yang dinyanyikan secara otomatis akan terhubung sistem penarikan royalti bagi pencipta lagu merujuk Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Anang menuturkan, bahwa konsep ini telah diinisiasi sejak dia duduk di kursi parlemen Komisi X DPR RI periode 1 Oktober 2014 hingga 30 September 2019. Diakuinya, perjuangan terkait Hak Cipta cukup panjang untuk masuk Prolegnas, hingga dirinya turun dari Senayan perjuangan itu belum selesai. 

57 Ranting dan 5 Cabang PAN Kota Malang Mantab Deklarasi Dukung Kak Fai

Dikatakan Anang, perjuangan ini harus diteruskan oleh musisi lainnya yang duduk di legislatif maupun eksekutif. Sebagai contoh Anang kini telah menerapkan kebijakan tersebut pada usaha karaoke miliknya.

"Saya juga berkomitmen usaha karaoke ini agar turut berkontribusi, baik terkait royalti setiap lagu. Maupun pajak hiburan bagi pemerintah daerah," ujar Anang. 

Halaman Selanjutnya
img_title