Saatnya UMKM Tumbuh Kreatif Dengan Digital Lewat Program DCE

Digital Creative Enterpreneurs (DCE 2.0) di Kota Batu
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Untuk menjangkau pasar yang lebih luas produk UMKM harus memanfaatkan pemasaran digital. Sebab, pasar digital cukup berpotensi dimana setiap orang saat ini memiliki ponsel pintar dengan internet. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

"Memang banyak yang harus dibenahi mulai dari hulu sampai hilir. UMKM di Kota Batu harus semakin kreatif, berkualitas dan kompetitif," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Batu, Sugeng Pramono dalam acara Digital Creative Enterpreneurs (DCE 2.0) yang diselenggarakan Telkomsel di PLUT, Kamis 22 September 2022. 

Sugeng berharap UMKM di Kota Batu tidak boleh hanya menjadi penonton di tengah masifnya aktivitas perdagangan digital. Menurutnya, produk UMKM harus membanjiri marketplace. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Beberapa catatan yang harus dibenahi oleh produk UMKM Kota Batu adalah pengemasan dan brandingnya. Pemkot Batu tengah berupaya memperbaiki sistem ekonomi usaha. Salah satu upaya yang dilakukan yakni mempermudah perizinan, membuka akses permodalan serta menyelenggarakan inovasi produk yang didukung teknologi.

"Saat ini, berbagai macam kebutuhan manusia banyak menerapkan dukungan internet dan dunia digital. Dalam upaya percepatan transformasi digital ini, Pemkot Batu menerapkan strategi mandiri dan kemitraan. Strategi mandiri mengharuskan UMKM melakukan manajemen usaha dan pemasaran sendiri melalui online. Strategi kemitraan atau partnership, mendorong UMKM melakukan manajemen usaha dan pemasaran melalui mitra online," ujarnya. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

General Manager SME Tele and Digital Channel Management, Sihol U Pardamean dari Telkomsel menyatakan program DCE 2.0 menjadi sarana merangkul pelaku usaha UMKM agar mereka mau merambah dunia digital. Sihoul mengatakan, Telkomsel memiliki komitmen sebagai digital ekosistem enabler dalam membuka peluang mendorong kemajuan dan akselerasi pertumbuhan UMKM di Indonesia.

"Melalui program DCE 2.0, Telkomsel membuka peluang dan kesempatan lebih luas bagi para pelaku UMKM. Kegiatan ini berfokus pada peningkatan kreativitas, kapasitas dan kapabilitas digital UMKM," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title