Dongkrak Perekonomian, UMKM Harus Go Digital

Dongkrak Perekonomian, UMKM Harus Go Digital
Sumber :

Malang – Kekinian, teknologi digital terus berkembang pesat. Utamanya, saat masa pandemi Covid-19 yang mendukung percepatan digitalisasi.

Kalahkan Korea Selatan U23, Erick Thohir Bangga Indonesia U23 Lolos Semifinal Piala Asia U23 2024

Saat ini, revolusi digital menjadi paradigma baru di bidang ekonomi dan keuangan. Sehingga, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus mampu mengikuti perkembangan. 

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid mengimbau pelaku UMKM dapat memanfaatkan ruang digital untuk meningkatkan keuntungan 

Segini Gaji Petugas PPK pada Pilkada 2024 Jombang

“Ekonomi digital untuk UMKM menjadi kegiatan yang konkret yang bisa dihitung tingkat kegiatannya. Tinggal bagaimana keaktifan dan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan agar mendapatkan benefit," terang dia dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator, dengan tema “Pemanfaatan Ruang Digital Bagi UMKM”.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi dalam pengembangan UMKM, diperlukan kecakapan digital. Sebab, literasi digital merupakan gerbang awal bagi perkembangan digitalisasi UMKM. 

Terkait Pembangunan Sirkuit BMX, DPRD Bakal Panggil Dindik Kota Batu

"Diperlukan kecakapan digital bagi pebisnis UMKM agar dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan dapat memahami karakteristik pelanggan," kata dia. 

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM, Rany Julia menjelaskan, digitalisasi UMKM memiliki banyak manfaat. Sehingga, dapat memudahkan pelaku UMKM khususnya dalam promosi melalui platform digital.

Halaman Selanjutnya
img_title