UMKM Bakal Naik Kelas Jadi Retail Modern

ilustrasi retail modern
Sumber :
  • pixabay

Malang – Pemerintah pusat terus berkomitmen untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) go digital. Sehingga, sampai saat ini, UMKM terus disiapkan agar mampu masuk ke bisnis pasar modern.

TPP ASN Pemkot Batu Terancam Tak Cair

Salah satunya, yakni dengan meningkatkan kelas menjadi retail modern. Sebab, bisa menjadi batu loncatan  untuk pengembangan bisnis.

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan, Miftah Farid mengatakan jumlah UMKM di Indonesia mencapai 62 juta, yang mana diharapkan mampu bertransisi untuk menjadikan UMKM go global.

Upaya Perlindungan Anak di Kota Pasuruan Mendapat Apresiasi Tim Kunjungan UNICEF

"Tentunya kita harap mampu menjadi retail modern, terlebih lagi Kemendag sudah menjalin kerja sama dengan retail luar negeri, seperti Lulu Mart di Dubai dan sebuah retail di Korea," katanya melalui siaran pers dilansir dari Viva.co.id. 

Untuk itu, para pelaku UMKM diminta agar lebih peka dan proaktif untuk memanfaatkan peluang. 

Mantan Ketua DPRD Jombang Kritik Rencana Pembelian Mobdin Untuk Pimpinan Baru

"UMKM harus proaktif, karena melibatkan 98 sampai 99 persen, dari total tenaga kerja di Indonesia yang tentu saja membuat sepak terjang UMKM akan mempengaruhi stabilitas sosial, ekonomi, politik serta budaya," ujarnya.

Sementara itu, Chairman Indonesia Halal Lifestyle Center, Sapta Nirwandar mengatakan, memang tahun ini, Halal Lifestyle Center (IHLC) bersama Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), tengah berfokus pada kemajuan UMKM untuk memasuki retail modern.

Halaman Selanjutnya
img_title