Investasi Kota Batu Ditarget Rp840 Miliar

Pertanian salah satu daya tarik Kota Batu
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Potensi Kota Batu cukup luar biasa seperti pariwisata, pertanian, dan UMKM. Tentu hal tersebut juga menjadi daya tarik investor menanamkan sahamnya.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Pemkot Batu pun menargetkan tahun 2024 ada investasi sebesar Rp840 miliar. Hal tersebut dibuktikan peningkatkan investasi setiap tahunnya yang terus meningkat. Diketahui tahun 2018; Rp 393,7 miliar, tahun 2019; Rp 1,8 triliun, tahun 2020; Rp 928,4 miliar, tahun 2021 Rp3,3 triliun, tahun 2022 Rp4,9 triliun dan tahun 2023 mampu terealisasi Rp1,5 triliun.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan angka investasi yang diraih Kota Batu di Tahun 2023 sebesar Rp1,5 Triliun, yang diperoleh dari PMDN sebesar Rp1,044 Triliun dan penyertaan modal asing sebesar Rp109, 678 MIliar.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

"Itu menunjukkan Kota Batu sangat diminati oleh investor untuk menanamkan modal mereka di Kota Batu. Dengan meningkatnya investasi di Kota Batu setiap tahunnya tidak terlepas dari perkembangan pesat di sektor wisata, perhotelan, pertanian dan UMKM," katanya, Senin, 15 Januari 2024. 

Namun, dirinya mengingatkan agar investasi yang masuk tetap berbasis lingkungan. Artinya investasi yang masuk harus ramah lingkungan, jangan sampai investasi masuk malah merusak lingkungan dan berdampak pada bencana sosial dan juga bencana alam.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

"Ke depan investor harus memastikan semua ijin telah diselesaikan terlebih dahulu dan mengutamakan warga sekitar sebagai pekerja. Dengan begitu investasi akan minim resiko dan bermanfaat bagi warga dan menjaga lingkungan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Batu, Dyah Lies Tina bahwa realisasi investasi setiap tahunnya selalu melebihi target. Untuk Tahun 2023 target investasi Rp700 miliar dan terealisasi Rp1,5 triliun.

Halaman Selanjutnya
img_title