Kenaikan Harga Tiket Pesawat Sumbang Inflasi Terbesar di Kota Malang

Alun-alun Tugu Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Libur natal dan tahun baru memberikan kontribusi untuk angka inflasi di Kota Malang. Sektor angkutan udara menjadi penyumbang andil inflasi terbesar yakni, 0,06 persen karen efek kedatangan wisatawan di Kota Malang.

Mas Dion, Kader Militan PKB Mantap Maju Cabup Pasuruan 2024

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, Umar Sjaifudin mengatakan bahwa, terjadi lonjakan wisatawan saat libur nataru. Hal ini berpengaruh pada kenaikan harga tiket pesawat

"Libur panjang sekitar Natal dan Tahun Baru pada akhir Desember 2023 menyebabkan jumlah penumpang angkutan mengalami lonjakan. Hal ini berimbas pada naiknya tiket pesawat," kata Umar Sjaifudin. 

Live Streaming Indonesia U23 vs Uzbekistan U23 di RCTI dan Vision+

Umar menuturkan, tiket pesawat mengalami kenaikan harga sebesar 0,43 persen. Paling banyak adalah permintaan tiket pesawat dari luar daerah menuju Malang.

Periode Desember 2023, Kota Malang mengalami inflasi sebesar 0,22 persen. Selain kenaikan harga tiket angkutan udara, komoditas seperti bawang merah sebesar 0,05 persen, cabai merah 0,04 persen hingga cabai rawit sebesar 0,02 persen.

KONI, Dindik, dan DPRD Gelar Hearing Persiapan Porprov 2025, Ini Pembahasannya

Sementara komoditas penghambat laju inflasi di antaranya adalah penurunan harga telur ayam ras. Komoditas ini penyumbang deflasi tertinggi selama Desember 2023 ini dengan andil 0,056 persen. 

"Secara month to month. Pada periode Desember 2023 ini, inflasi di Kota Malang lebih rendah dari Jawa Timur dan nasional. Inflasi month to month di Kota Malang tercatat sebesar 0,22 persen," ujar Umar.