Mahasiswa UB Dapat Pelatihan Kewirausahaan dari Himpunan Pengusaha Nahdliyin

HPN bersama GoTo menggelar pelatihan kewirausahaan di UB
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Ratusan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) mendapat pelatihan kewirausahaan dari Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) bersama dengan GoTo. Pelatihan ini digelar di gedung B FISIP UB lantai 7, pada Jumat, 8 Desember 2023.

Perusahaan Rokok Asal Korea Investasi Pembangunan Pabrik Senilai Rp6,9 Triliun di Pasuruan

Setidaknya, ada 150 mahasiswa yang ikut dalam pelatihan tersebut. Mereka nampak antusias untuk bisa belajar berwirausaha dengan para pemateri dari praktisi yang dihadirkan. Pelatihan digelar untuk mengedukasi mahasiswa agar mereka mempunyai kemampuan menjadi wirausahawan.  

"Ini juga program follow up kita setelah melakukan MoU dengan UB. Kita bawa GoTo sebagai mitra karena memiliki platform Tokopedia dan Gojek. Harapanya bisa memberikan pengetahuan, tips, dan taktiknya kepada mahasiswa sehingga mereka yang ingin berwirausaha bisa memanfaatkan teknologi digital ini dengan baik," kata Ketua Umum HPN, Tyovan Ari Widagdo.

Pembelaan Arema FC Soal Predikat Tim Liga 1 Paling Sering Dapat Penalti

Tyovan mengatakan, bahwa pelatihan ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, pelatihan ini digelar di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur. Dia mengungkapkan, HPN dan LPNU memberikan fasilitasi kepada UMKM binaan termasuk mahasiswa yang berwirausaha, untuk bisa mendapatkan akses pasar, akses permodalan, dan lainya. Mereka ingin menciptakan wirausahawan muda tidak hanya sebatas pelatihan saja, tetapi juga tindak lanjut yang lainya. 

"Jadi bagi mereka yang sudah punya usaha, kita saring dan kita berikan akses. Yang sedang butuh pasar kita sambungkan ke akses pasar. Yang butuh modal kita arahkan ke institusi yang memiliki permodalan seperti bank, lembaga keuangan dan lainya," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) PBNU itu. 

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

LPNU berharap pelatihan dan pembinaan semacam ini bisa membuat para UMKM dan wirausahawan muda bisa terus berkembang dan memajukan usaha yang sedang mereka miliki. 

Manager Public Policy and Government Relations GoTo, Abram Molumbot mengatakan GoTo sebagai perusahaan berbasis teknologi terbesar di Indonesia dalam hal ini memberikan beberapa dukungan untuk pelatihan kewirausahaan yang digelar bersama HPN ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title