Budidaya Buah Belimbing, Warga Jombang Raup Cuan Jutaan Rupiah Sekali Panen

Belimbing hasil budidaya warga Jombang.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Dengan memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan milik sendiri masyarakat bisa dengan mudah memperoleh penghasilan tambahan. Seperti yang dilakukan oleh Sukarno warga Desa Karanglo, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Awasi Orang Asing Lewat Operasi JAGRATARA

Dengan memanfaatkan lahan persawahan miliknya, ia mampu memperoleh cuan jutaan rupiah dalam sekali panen, buah belimbing madu.

Di lahan persawahan milik Sukarno ini, terdapat ratusan pohon belimbing. Usaha budidaya buah belimbing itu, ditekuni Sukarno sejak beberapa tahun silam.

UMM Jadi yang Terbanyak se-Indonesia Dalam Loloskan Proposal di P2MW

"Baru tahun 2017 saya mencoba budidaya buah belimbing ini. Alhamdullilah hasilnya juga memuaskan," kata Sukarno, Sabtu 2 Desember 2023.

Ia mengaku sebelum menanam pohon buah belimbing madu, dulunya sawah seluas 5.000 meter persegi tersebut, ditanami tanaman palawija. Namun karena hasilnya dirasa kurang maksimal. Ia pun memutuskan untuk menanam pohon buah belimbing madu.

Lutfil Hakim: PWI Malang Raya Harus Ikut Serta Memajukan Pembangunan di 3 Daerah

"Awalnya ini sawah seluas sekitar 5.000 meter persegi. Saya dulunya nanam palawija tapi saya ganti belimbing madu," ujarnya.

Bukan tanpa alasan Sukarno memilih untuk menanam pohon buah belimbing madu. Demi mengirit biaya perawatan, dan keinginan untuk mendapatkan cuan setiap kali panen, itu juga yang mendasari Sukarno menanam pohon buah belimbing madu di sawahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title