Pemkot Beri Stimulan Permodalan untuk UMKM Kota Malang Senilai Rp1 Miliar

Pemkot Malang berikan bantuan stimulan pada 200 pelaku UMKM
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang memberikan bantuan stimulan permodalan pada 200 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat pada Senin, 21 Agustus 2023.

Ramainya Kota Batu di Libur Lebaran Tak Sebanding dengan Perolehan Pendapatan Parkir Tepi Jalan

Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi mengatakan bantuan yang mereka berikan kepada 200 pelaku UMKM adalah bantuan stimulan dalam bentuk barang dengan total nilai Rp1 miliar. 

200 pelaku UMKM ini telah menjalani kurasi dari 5 ribu pelaku UMKM yang mengajukan proposal bantuan. Barang yang diberikan, sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha, seperti halnya printer, packaging, freezer dan lainnya.

Semifinal Piala Asia U23 2024: Mampukah Indonesia U23 ‘Perawani’ Uzbekistan dan Lolos ke Final?

"Ini menjadi tanggung jawab semua dan kita berkewajiban membantu perkembangan ekonomi kerakyatan dengan memberikan sarana untuk menaikan kelas dari mikro ke menengah. Sentuhan diperlukan. Termasuk promosi nanti semua diperlukan untuk memajukan UMKM. Langkah terdekat, kita akan dampingi dan bina untuk meningkatkan kapasitas," kata Eko.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, bahwa pemberian bantuan stimulan sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo. Instruksi itu berkaitan dengan penguatan UMKM. 

BNPM Kota Malang Sebut Warung Madura 24 Jam Justru Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

"Berkali-kali presiden juga menyampaikan kita harus bangga dengan buatan Indonesia. Maka, jangan hanya kewajiban kita belanja produk Indonesia saja, tapi juga kita siapkan kesiapan UMKM untuk melayani kebutuhan masyarakat," ujar Sutiaji.

Dia mengklaim, saat ini sirkulasi perdagangan antar daerah di Jawa Timur mulai mengalami surplus. Untuk itu, kebutuhan dasar di tingkat daerah harus terpenuhi, agae perputaran ekonomi di daerah turut menguat.

Halaman Selanjutnya
img_title