Dosen Ekonomi UMM Bagi Tips Agar Tidak Boros di Bulan Ramadhan

Ilustrasi
Sumber :
  • Humas UMM.

Malang – Bulan Ramadhan menjadi bulan penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Pada momen ini semua umat islam berkewajiban menjalankan ibadah puasa. Mereka diminta menahan lapar, menahan haus dan hawa nafsu. 

Arema FC Ucapkan Perpisahan Untuk Teguh Amirudin

Namun, ternyata hal ini tidak membuat pengeluaran berkurang jadi lebih hemat. Sebab, justru banyak yang tergoda berbagai kuliner jelang berbuka puasa. Bahkan, menjadikan masyarakat justru lebih boros.

Berikut tips hemat saat Ramadhan dari Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Malang, UMM Happy Febrina Hariyani. Umat islam saat menjalankan ibadah puasa tidak harus sporadis membeli berbagai menu yang diinginkan. Karena tidak harus membeli banyak menu karena tidak semuanya dibutuhkan dan dimakan. 

Lippo Plaza Batu Hadirkan Wahana Bowling Pertama di Malang Raya

“Maka perlu ada pengendalian diri dan kesadaran bahwa membeli makanan tidak perlu berlebihan. Belilah makanan dan minuman dengan bijak agar tidak sampai terbuang kalau tidak habis,” kata Happy, Jumat, 31 Maret 2023.

Happy menyarankan perlunya perencanaan makanan untuk mengantisipasi pemborosan. Selain menghindari membeli makanan yang tidak perlu, rencana keuangan juga akan menyelamatkan finansial dari keborosan lain. 

Polda Jatim Benarkan Ada Laporan Dugaan Kecurangan Pileg 2024 di Dapil V Malang Raya

Di momen puasa ini biasanya sifat konsumtif gampang muncul untuk membeli barang yang tidak perlu, pakaian, dan lain sebagainya. Dia juga menyarankan agar masyarakat sebaiknya memasak sendiri.

"Dari pada membeli makanan, lebih baik memasak sendiri agar lebih menghemat juga sehat. Menunya juga harus disesuaikan, tidak berlebihan membeli bahan masakan," ujar Happy. 

Halaman Selanjutnya
img_title