Ekonomi Tumbuh, Sepertiga Berasal dari BUMN

Erick Thohir
Sumber :
  • Instagram Erick thohir

Malang – Pertumbuhan ekonomi menunjukkan iklim positif. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal kedua tahun 2022, perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,44 persen. 

1 Orang Tewas Dalam Insiden Laka Kantas Pemotor dan Truk Gandeng di Jombang

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan, BUMN punya peran sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Sebab, sepertiga dari perekonomian Indonesia berasal dari BUMN. 

Erick menilai, ketahanan perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global, tidak terlepas dari peran BUMN yang sehat sebagai motor pemulihan ekonomi nasional.

Faktor Paling Diwaspadai Arema FC saat Berjumpa PSM

"Kementerian BUMN memprediksi total aset BUMN telah mencapai sekitar Rp9.000 triliun di 2021, atau sekitar 53 persen dari PDB. BUMN yang sehat membantu mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berbasis adil dan makmur. Masyarakat yang makmur mampu meningkatkan perekonomian Indonesia," kata Erick, Senin 8 Agustus 2022.

Dia menyebut, basis ekonomi kerakyatan dan juga fungsi BUMN sebagai agent of development, BUMN tetap menjalankan proyek-proyek pembangunan, yang menciptakan lapangan kerja di tengah pandemi COVID-19. 

Kemendagri Tunjuk Pj Wali Kota Batu jadi Komandan Upacara Hari Otoda di Surabaya

Misalnya, PNM yang memiliki Program Mekaar, sebagai fasilitas untuk pemberdayaan UMKM Perempuan. Pada tahun 2021, program tersebut telah mampu menciptakan lapangan kerja bagi 12,7 juta ibu-ibu di berbagai wilayah. Capaian tersebut akan terus didorong hingga mencapai 20 juta nasabah hingga tahun 2024. 

Selain itu, pihaknya juga memiliki Program Makmur untuk pupuk Indonesia, yang merupakan pendampingan budidaya tani melalui ekosistem yang terintegrasi. Tujuannya, yakni untuk pemberdayaan petani, yang hingga kini telah mencapai 148.127 hektare lahan bersama 117.995 petani. 

Halaman Selanjutnya
img_title