Ekraf Arsitektur Punya Potensi Besar di Kota Malang

Wali Kota Malang, Sutiaji
Sumber :
  • Humas Pemkot Malang

Malang – Salah satu dari 17 sub sektor Ekonomi Kreatif di Kota Malang adalah bidang arsitektur. Sektor ini memiliki potensi yang besar. Apalagi di daerah ini pertumbuhan real estate dan perumahan cukup tinggi. 

1.581 Kilo Liter BBM Habis Selama Mudik dan Balik Lebaran 2024 di Malang Raya

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi mengungkapkan, Ekraf sudah terbukti sebagai penopang PDRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto) Kota Malang. Ekraf sejauh ini tahan banting terhadap adanya krisis dan segala macam ancaman ekonomi. 

"Karena apa kita punya potensi luar biasa mulai SDM, dan pertumbuhan perumahan dan real estate semuanya sebagai potensi untuk mengembangkan Ekraf bidang arsitektur. Karena rakyat semakin sejahtera baik individu maupun perumahan akan terus bagaimana arsitektur bisa menangkap peluang di pasar untuk menggaet para peminat," kata Baihaqi, Senin, 21 November 2022. 

Viral Terlanjur Beli Tiket Mafest Vol 3, Tapi Konser Tidak Jadi Digelar

Baihaqi mengungkapkan bahwa Disporapar terus melakukan pendampingan, pelatihan dan sosialisasi. Termasuk berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ada beberapa kegiatan salah satunya bidang arsitektur. 

"2 bulan terakhir ini sudah banyak melakukan koordinasi, konsultasi, terkait pengembangan Ekonomi Kreatif di Kota Malang. Kementerian sangat mendukung pengembangan sektor Ekraf sesuai potensinya," ujar Baihaqi. 

Grebeg Kupat Tumpeng Syawalan Tetap Meriah Meski Hujan Gerimis

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, kolabolari dengan para arsitek berjalan cukup baik. Bahkan berkat bidang arsitektur Kota Malang menjadi kota yang memiliki dokumen perencanaan tata kelola yang dipandang bagus. 

"Malang itu luar biasa, apalagi arsitekturnya selama ini kolaborasi sangat indah. 2 dari 500an daerah Kota atau Kabupaten di Indonesia, hanya dua yang mempunyai dokumen perencanaan tata kelola yang bagus dan salah satunya itu ya Kota Malang," tutur Sutiaji. 

Halaman Selanjutnya
img_title