Akhir Tahun, Kota Malang Bakal Gencarkan Operasi Pasar

Wali Kota Malang Sutiaji saat ikut rakernas virtual
Sumber :
  • istimewa

Malang – Inflasi masih menjadi masalah yang menghantui banyak negara di dunia. Akan tetapi, berita baiknya adalah, Indonesia mengalami penurunan angka inflasi dari yang sebelumnya berada di angka 5,95 persen menjadi 5,71 persen pada angka year-on-year (yoy) bulan Oktober ini.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Maka dari itu pemerintah daerah diminta cermat melihat situasi dan perkembangan kondisi ekonomi masing-masing. Khususnya jelang akhir tahun. Ini menjadi catatan penting Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Daerah yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI secara virtual dan diikuti dari ruang Ngalam Command Center (NCC), Senin 7 November 2022.

Wali Kota Malang, Sutiaji yang turut mengikuti rapat yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan, Kota Malang pun sadar betul akan kondisi ekonomi dan tengah menyiapkan strategi.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Sutiaji menjelaskan meski angka inflasi di Kota Malang masih cukup terkendali, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, akan terus fokus mengawal pergerakan harga pangan yang mulai menunjukan tren peningkatan.

Hal ini berdasarkan laporan indikator perkembangan harga barang kebutuhan pokok nasional yang menunjukkan adanya tren kenaikan harga pada beberapa komoditas.

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Menurutnya, tren peningkatan ini terjadi menjelang akhir tahun. Ia menuturkan, Pemkot Malang akan terus melakukan antisipasi terhadap tren peningkatan harga ini, dan terus mengikuti arahan Mendagri yang disampaikan melalui rapat koordinasi.

“Kita lihat daya ungkitnya dari mana. Kalau operasi pasar saat ini belum terlalu signifikan, akan tetapi mungkin akan dilakukan menjelang akhir tahun nanti sebab saat ini tren kenaikan harga terjadi bersamaan dengan persiapan menjelang akhir tahun,” tutur dia.

Halaman Selanjutnya
img_title