Pertamina Melakukan Penyesuaian Harga Jenis BBM Non Subsidi

SPBU di Malang
Sumber :
  • Viva Malang

MalangPertamina melakukan penyesuaian harga BBM non subsidi meliputi Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Perta Dex. Hal tersebut dilakukan dalam menyesuaikan tren harga publikasi minyak yakni Mean of Platts Singapore (MOPS). 

1.581 Kilo Liter BBM Habis Selama Mudik dan Balik Lebaran 2024 di Malang Raya

“Evaluasi dan penyesuaian harga untuk BBM non subsidi akan terus kami lakukan secara berkala setiap bulannya. Berdarsarkan perhitungan, pada periode September lalu untuk produk bensin yakni Pertamax series mengalami penurunan harga, sedangkan untuk produk Dexlite dan Perta Dex penyesuaian naik harga. Seluruh penyesuaian harga tersebut berlaku mulai 1 Oktober 2022,” ujar Irto Ginting selaku Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, dilansir dari laman web resmi Pertamina, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Alasan tersebut dilakukan karena adanya kondisi geopolitik di Eropa Timur sehingga mempengaruhi perbedaan serta penyesuaian harga pada BBM jenis Pertamax dan Dex. Kondisi tersebut menyebabkan melonjaknya permintaan produk bahan bakar gas di seluruh dunia.

Viral Terlanjur Beli Tiket Mafest Vol 3, Tapi Konser Tidak Jadi Digelar

Rincian harga yang diberlakukan dalam jenis BBM tersebut diantaranya, Pertamax Turbo (RON 98) menjadi Rp14.950, Pertamax (RON 92) menjadi Rp13.900, Dexlite (CN 51) menjadi Rp17.800, dan Perta Dex (CN 53) menjadi Rp18.100. 

Ia juga menambahkan, keputusan tersebut sudah diatur dalam Kepmen ESDM No.62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU) atau BBM non subsidi, sehingga hal tersebut dilakukan atas dasar peraturan yang berlaku. (Adi)

Grebeg Kupat Tumpeng Syawalan Tetap Meriah Meski Hujan Gerimis