Harapan Keluarga Tragedi Kanjuruhan Untuk Bareskrim Proses Laporan Model B

Peringatan 1 tahun Tragedi di Stadion Kanjuruhan
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Peringatan 1 tahun Tragedi Kanjuruhan dilakukan di Stadion yang menjadi tempat kejadian perkara 135 jiwa meninggal dunia dan 600 orang lebih mengalami luka-luka. Peristiwa kelam itu terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 pasca laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya. 

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Dalam kasus ini 6 orang ditetapkan sebagai tersangka. 5 orang telah divonis oleh majelis hakim dan 1 tersangka sampai saat ini belum disidangkan yakni Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita. 

Keluarga korban dan para aktivis menggelar doa bersama di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Minggu, 1 Oktober 2023. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Mereka menilai penanganan hukum sejauh ini tidak memenuhi rasa keadilan. Contohnya saat Keluarga korban melakukan laporan model B di Polres Malang atas dugaan pembunuhan dan pembunuhan berencana dalam Tragedi Kanjuruhan sesuai pasal 338 KUHP dan 340 KUHP. Laporan ini dihentikan oleh Polres Malang. 

"Kami sudah berkoordinasi agar sekiranya Bareskrim menindaklanjuti laporan keluarga korban atas nama Devi Athok dan Rizal Putra Pratama untuk segera diambil alih. Untuk segera melakukan pengembangan penyelidikan laporan Model B oleh Polres Malang," kata Koordinator LBH Pos Malang Daniel Siagian, Minggu, 1 Oktober 2023. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Daniel mengatakan, bahwa dalam laporan model B salah satu poin laporan yang dimasukan adalah kekerasan terhadap anak dibawah umur hingga menyebabkan luka berat dan meninggal dunia.

"Melihat aspek hukum, kita mendesak Bareskrim untuk mengambil alih penghentian penyidikan yang ada di Polres Kepanjen. Bahwa aspek penegakan hukum harus perspektif pada korban anak dan perempuan. Itu menjadi satu kebutuhan urgensi dalam penanganan Tragedi Kanjuruhan," ujar Daniel. 

Halaman Selanjutnya
img_title