Forkopimda Kabupaten Malang Tolak Sidang Tragedi Kanjuruhan di Kepanjen

Demonstrasi Aremania
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Berkas Tragedi Kanjuruhan dari Polda Jawa Timur telah dinyatakan lengkap atau P 21 untuk 5 tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim). Selanjutnya para tersangka akan menjalani proses sidang di Pengadilan Negeri Surabaya. 

Dukung Persiapan Arus Mudik Lebaran, Polisi dan TNI di Jombang Sidak SPBU

Semula persidangan akan digelar di Pengadilan Negeri Kepanjen Malang. Tetapi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Malang menolaknya. Melalui pengadilan negeri setempat mereka berkirim surat ke Mahkamah Agung agar persidangan kasus Tragedi Kanjuruhan digelar di PN Surabaya.

"Permohonan pertimbangan dari seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, diajukan melalui ketua pengadilan negeri setempat ke MA. Jadi proses persidangan dialihkan ke pengadilan negeri Surabaya," kata Kepala Kejati Jatim, Mia Amiati, Kamis, 22 Desember 2022.

Usai Dipecundangi Persebaya, Widodo : Kecewa Secukupnya Tatap Laga Selanjutnya

Forkopimda Kabupaten Malang mengirim surat pengalihan tempat persidangan dari PN Kepanjen ke PN Surabaya pada 18 Oktober 2022 lalu. MA kemudian menyetujui permintaan ini. Dalam waktu dekat Kejati Jatim bakal melimpahkan berkas ke PN Surabaya agar jadwal persidangan segera dikeluarkan. 

"Banyak hal yang tidak diinginkan (saat persidangan digelar), maka teman-teman dari Forkopimda Kabupaten Malang memohon ke MA melalui ketua PN akhirnya dialihkan ke PN Surabaya. Secepatnya kita limpahkan ke PN Surabaya dan PN Surabaya akan memberikan jadwal," ujar Mia. 

Motivasi dari Widodo C Putro untuk Pemain Arema FC Usai Tumbang Dari Persebaya

Dalam surat putusan MA ada sejumlah pertimbanga yang menyebabkan persidangan harus digelar di PN Surabaya. Pertama persoalan keamanan karena Malang adalah basis pendukung Arema FC dan korban mayoritas berasal dari daerah ini.

"Pertimbangannya, disana masih ada traumatik ya dari korban dan juga Aremania. Lalu terkait kegiatan kepolisian juga. Kami juga harus berikan dukungan ke masyarakat, sehingga kami mengupayakan agar tidak ada hal-hal lain yang tidak diinginkan," tutur Mia. 

Halaman Selanjutnya
img_title